Manfaat dan Khasiat Buah Grapefruit

Sepintas ketika mendengar nama grapefruit mungkin akan kita artikan buah anggur. Namun buah grapefruit ternyata bukanlah buah anggur. Ada juga yang menyamakan grapefruit dengan jeruk Bali, namun ini juga berbeda.

Yang benar, Grapefruit adalah buah jeruk yang memiliki besar, memiliki kulit berwarna oranye dengan daging merah keunguan seperti buah anggur. Buah yang banyak dikembang biakkan di Amerika Serikat ini memiliki karakteristik dan manfaat yang hebat. Menurunkan kadar kolesterol dan membuat kulit mulus merupakan beberapa manfaat buah ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagaimana yang dikutip dari laman Huffington Post, grapefruit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat grapefruit adalah menjaga kesehatan jantung. Karena dengan makan satu buah grapefruit per hari dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 15.5% serta trigliserida sebanyak 27%. Karena itulah, buah ini sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Bahkan menurut hasil studi yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry, buah yang berwarna merah pekat lebih baik karena memiliki kandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding yang pucat. Namun bila anda sedang mengonsumsi obat, ada baiknya bila terlebih dahulu mengkonsultasikan dengan dokter. Karena buah ini dapat meningkatkan potensi dari obat tertentu.

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang diet, buah grapefruit sangat baik dijadikan sebagai salah satu menu diet anda. Riset Nutrition and Metabolic Research Center di California menunjukkan bahwa buah ini dapat menghilangkan rasa lapar. Zat-zat di dalamnya membantu pembakaran lemak dan menstabilkan kadar gula darah serta insulin. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, ma anda bisa makan setengah buah grapefruit setiap akan bersantap, niscaya berat badan anda akan turun 1,5 kg dalam 12 minggu.

Mengencangkan Kulit

Untuk anda yang punya hobi melakukan perawatan kecantikan kulit, grapefruit juga bisa jadi solusi. Kandungan vitamin C dalam buah grapefruit sangat tinggi sehingga dapat membantu produksi kolagen agar kulit kenyal dan kencang. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, anda bisa mengonsumsi satu buah grapefruit setiap hari.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Kulit kasar dan hitam juga dapat diatasi dengan menggosokkan campuran sari grapefruit dan gula ke kulit. Kandungan vitamin C-nya yang asam bisa membantu menyamarkan noda dengan mengurangi produksi pigmen berlebih. Namun ingat, jangan digunakan pada wajah karena dapat mengiritasi.

Pembersih Alternatif

Bila kamar mandi anda sudah terlihat kotor, Anda bisa menggunakan grapefruit sebagai pembersih alternatif. Caranya terlebih dahulu dibuang sarinya, sisakan pulp dan kulitnya. Celupkan dalam sepiring garam, gosokkan ke peralatan kamar mandi, lalu bilas. Asam sitrat yang terkandung dalam buah grapefruit ini akan melenyapkan kotoran, sementara garam akan membasmi kuman dan sekaligus berfungsi sebagai amplas.

loading...
About these ads

Loading...
Manfaat dan Khasiat Buah Grapefruit | akbar | 4.5
nama nama buah berwarna ungu, Nama buah yang memiliki kulit kasar