Manfaat dan Khasiat Beras Hitam

Dibanding beras putih, kandungan zat gula dalam beras hitam jauh lebih sedikit. Karena itulah yang menjadikan salah satu alasan kenapa penderita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beras hitam sebagai pengganti beras putih.

Bagi yang tidak terbiasa makan nasi dari beras merah, maka rasanya akan sangat hambar. Namun dibalik hal itu ada banyak terkandung manfaat dan khasiat dari makan nasi beras hitam.

Selain sedikit kandungan gula di dalamnya, namun beras hitam memiliki kandungan lebih banyak serat, zat besi, rendah gula dan sumber vitamin E. Karena itulah maka tidak mengherankan bila mengonsumsi nasi dari beras merah sangat baik bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa contoh manfaat dan khasiat dari mengonsumsi nasi beras merah, diantaranya:

1. Mencegah diabetes

Makan nasi dari beras hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Juga, sekaligus menjaga berat badan dan menjaga tingkat energi dalam keseimbangan.

2. Membuat pencernaan sehat

Karena mengandung tinggi serat, beras hitam membantu Anda mencegah sembelit, kembung dan gejala-pencernaan terkait lainnya.

3. Baik untuk jantung

Makan nasi hitam dapat mengurangi risiko penyumbatan di arteri. Hal ini dapat mencegah risiko stroke dan serangan jantung.

4. Mencegah obesitas

Serat di dalam beras hitam menekan rasa lapar dan keinginan untuk ngemil berlebihan. Berbagai studi juga telah menyimpulkan, beras hitam membantu mencegah resistensi insulin yang berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas.

5. Detoksifikasi tubuh

Studi menyimpulkan, seseorang makan nasi hitam dapat membantu dalam proses membuang racun dari dalam tubuh. Ini disebabkan karena pengaruh antioksidan dan fitonutrien untuk mengurangi peradangan.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat dan khasiat dari beras hitam sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Manfaat dan Khasiat Beras Hitam | akbar | 4.5