Manfaat Bunga atau Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Makan buah pisang adalah hal yang umum dilakukan. Karena di dalam buah pisang mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun bagaimana dengan bunga dari buah pisang?

Tidak mau kalah dari buah pisang, bahkan bagian bunga dari pohon pisang atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan jantung pisang ini ternyata juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Adanya manfaat dari bunga atau jantung pisang ini bukanlah tanpa alasan. Diantara dari kandungan nutrisi dalam jantung pisang adalah zat besi dan serat serta berbagai nutrisi lainnya.

Manfaat dan Khasiat dari Jantung – Bunga Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Kepopuleran jantung pisang ini mungkin masih kalah bila dibanding dengan buah pisang. Namun untuk khasiatnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari mengonsumsi jantung – bunga pisang sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Mengobati Anemia
Ada banyak kandungan zat besi di dalam bunga pisang. Sementara itu zat besi merupakan mineral utama yang diperlukan tubuh untuk menjaga produksi sel darah sehat. Karena itu, mengonsumsi bunga pisang bisa membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga bisa mencegah dan menyembuhkan anemia.

2. Mengatasi Masalah Menstruasi
Mengonsumsi bunga pisang juga bisa membantu memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, mengonsumsi bunga pisang juga bisa membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan dan nyeri panggul yang ekstrem saat menstruasi.

3. Meningkatkan Laktasi
Untuk ibu menyusui yang bermasalah dengan sedikitnya produksi ASI, maka ibu bisa coba memperbanyak konsumsi jantung – bunga pisang untuk meningkatkan produksi ASI. Ini karena bunga pisang bisa merangsang saluran susu di payudara ibu yang baru saja melahirkan.

4. Obat Diabetes
Hasil dari sebuah studi telah menunjukkan, bahwa manfaat dari bunga pisang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu.

5. Menguatkan Dinding Rahim
Tidak hanya zat besi kandungan yang ada di dalam bunga pisang, namun juga ada kandungan nutriri kalsium dan zat tembaga yang dapat memperkuat dinding rahim wanita. Dengan demikian, memperbanyak konsumsi bunga pisang bisa membantu mencegah infeksi rahim, serta meningkatkan kesuburan wanita.

6. Obat Sembelit
Kandungan serat di dalam bunga pisang juga cukup tinggi. Karena itu makan bunga pisang bisa membantu meningkatkan gerakan usus serta membuat sistem metabolisme lancar. Pada akhirnya siklus pembuangan kotoran tubuh pun akan berjalan lancar dan bisa mengurangi sembelit.

7. Peradangan dan Infeksi
Bunga dari pohon pisang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa membantu masalah peradangan dan mengobati infeksi. Penyakit seperti maag, nyeri sendi, dan infeksi jamur juga bisa berkurang setelah mengonsumsi bunga pisang ini.

Ada banyak cara menikmati bunga pisang ini, mulai dari sekedar untuk bahan kudapan salad, dibuat minuman jus, dimasak tumis atau oseng hingga berkuah. Anda bisa memasang jantung pisang dengan cara dioseng dengan campuran daun singkong ataupun dimasak santan. Rasanya sama-sama nikmat.

loading...
Loading...
manfaat susu di campur gula merah, manfaat santan buat mata, manfaat santan untuk mata, manpaat gula aren dabn susu

Manfaat Bunga atau Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5