Loading...

Manfaat Buah Wuni

Buah wuni atau dikenal dengan nama lain buni ini memiliki nama latin Antidesma bunius L Spreng. Dimana pada umumnya buah wuni ini tumbuh di pekarangan rumah, namun untuk di wilayah Pulau Jawa, pohon ini bisa tumbuh dengan liar di hutan.

Gambar Buah Buni atau Wuni

Buah Buni atau Wuni Memiliki Banyak Manfaat dan Khasiat

Ciri-ciri Tanaman Buah Wuni

Buahnya sendiri berukuran kecil dengan panjang sekitar satu sentimeter dan tersusun dalam satu tangkai panjang, menyerupai rantai (ranti). Warnanya hijau dan bentuknya elips. Warna ini akan berubah menjadi ungu kehitaman ketika sudah masak atau matang.Pohon buah wuni memiliki ketinggian 15-30 m dengan pohon berbatang sedang ini tersebar di Asia Tenggara dan Australia.

Buah wuni memiliki daun tunggal, bertangkai pendek, bentuknya. Bulat telur sungsang sampai lanset, panjang 9-25 cm, tepi rata agak bergelombang, ujung meruncing, pangkal tumpul. Buahnya sendiri berukuran kecil dengan panjang sekitar satu sentimeter. Warnanya hijau dan bentuknya elips. Warna ini akan berubah menjadi ungu kehitaman ketika sudah masak atau matang buah buni disebut buah huni (sunda) atau wuni (jawa) memiliki bentuk bulat atau bulat telur, ukurannya kecil berdiameter 8-10 mm, dan tersusun dalam satu tangkai panjang.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Wuni

Dalam 100 gr buah buni mengandung Energi 74 kkal, Protein 0,8 gr, Lemak 0,3 gr, Karbohidrat 17,1 gr, Kalsium 66 mg, Fosfor 28 mg, zat Besi 1,2 mg, Vitamin A 0 IU, Vitamin B1 0,08 mg, Vitamin C 80 mg. Sehingga banyak sekali manfaat dari buah buni.

Dikutip dari wunimazidah.wordpress.com, buah wuni yang masih muda biasa dimanfaatkan untuk pembuatan rujak yang dicampur dengan buah – buahan lainnya. Sedangkan daunnya bisa dibuat sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan. Daunnya yang masih muda berasa asam. Buah wuni yang sudah masak juga sering diman­faatkan untuk pembuatan sirup, selai, dan dibuat ekstrak.

Menurut sejumlah referensi. buah wuni memiliki sifat dan efek farmakologis sebagai peluruh keringat, meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa haus, serta menghilangkan racun. Batang pohon wuni mengandung sedikit senyawa alkaloida yang beracun. Sedangkan daunnya mengandung friedelin.

Apakah anda sudah pernah menikmati buah wuni?

loading...
Loading...
Manfaat Buah Wuni | akbar | 4.5