Manfaat buah Pinang untuk kesehatan

manfaat pohon dan buah pinangJika dilihat sekilas, pohon pinang ini mempunyai bentuk sama dengan jenis pohon kelapa, bahkan buahnya pun terlihat sama, asalkan tidak diperhatikan dengan teliti. Jika diperhatikan seksama, maka akan terlihat perbedaan antara pohon pinang dengan pohon kelapa.

Pinang merupakan sebuah tumbuhan berjenis palma, dan memiliki batang dengan tinggi yang terbatas 25 meter, dan memiliki bentuk batang lurus ke atas dan langsing. Daun pohon pinang sendiri berada di atas pangkal batangnya, sama dengan pohon kelapa, tetapi perbedaannya di tangkai daun yang lebih pendek dibandingkan kelapa serta mempunyai daun berbeda dibandingkan daun kelapa pastinya.

Selain itu, pohon pinang ini pun memiliki buah yang tumbuh di atas pohon serta memiliki akar sama dengan buah kelapa juga, tetapi ukuran dari buah pinang jika dibandingkan ukuran buah kelapa, terlihat lebih kecil. Daerah yang cocok untuk tempat tumbuhnya pohon pinang adalah di daerah dengan iklim tropis, contohnya Indonesia. Mari baca selengkapnya.

Mengenal batang pinang

Jika Anda penasaran dengan pohon pinang, maka Anda dapat menunggu 17 Agustus, di hari kemerdekaan Indonesia ini umumnya masyarakat memakai batang pohon pinang yang tinggi untuk dibuat sarana lomba yang disebut “Panjat pinang”. Sebelumnya batang pohon pinang dilumuri dengan oli lalu orang-orang berlomba untuk memanjat batang pohon pinang yang licin tersebut dalam rangka mengambil hadiah yang sudah disiapkan di ujung atas batang pohon pinang tersebut.

Pinang pun juga seringkali digunakan masyarakat sebagai talang, dengan cara menghilangkan bagian tengah dari pinang kemudian diletakkan pada lokasi sesuai dan jadilah sebuah talang air tinggi dengan bahan pinang untuk alasnya. Itu manfaat dari batang pohon pinang.

Mengenal buah pinang

Setelah kita membahas tentang batang buah pinang, sekarang marilah membahas tentang buah pinangnya sebagai sajian utama kita pada artikel kali ini. Buah pinang sendiri merupakan salah satu bahan pembuatan sirih, kegunaan dari buah pinang ini sudah lama dikenal oleh nenek moyang, dan melihat fungsi buah pinang tersebut untuk kesehatan, karena adanya kandungan senyawa dengan nama arecolidine, arecaidine, guracine, guvacoline juga.

Lebih detail tentang manfaat buah pinang, dapat Anda lihat di bawah ini, selamat membaca:

Manfaat buah pinang

  1. Mengobati luka pada kulit: Manfaat pertama dari buah pinang yaitu untuk mengobati luka pada kulit, Anda dapat mencari daging buah pinang yang muda lalu tumbuh sampai halus, kemudian tempelkanlah hasil dari tumbukan tersebut pada daerah kulit yang terluka. Anda lakukan dengan bertahap serta rutin hingga luka sembuh.
  2. Menguatkan gusi dan gigi: Caranya dengan mengiris beberapa buah pinang lalu kunyah irisan buah pinang tersebut, itu bisa menguatkan gusi dan gigi Anda.
  3. Mulut kering: Jika Anda sering mengalami masalah mulut kering, maka Anda dapat menyirih menggunakan buah pinang. Kinerja buah pinang dalam hal ini yaitu untuk membuat kelenjar terus menerus mengeluarkan ludah sehingga mulut tak lagi kering. Ludah inipun bisa mencegah serangan penyakit sindrom sjogren dan disentri.
  4. Menambah vitalitas: Manfaat berikutnya dari mengkonsumsi buah pinang yaitu untuk menambah vitalitas. Selain dapat mengencangkan vagina, ternyata buah pinang juga bisa meningkatkan kemampuan pria dalam vitalitas, cocok bagi pria remaja. Tetapi Anda harus tetap mencermati jika konsumsi buah pinang ini wajib dibatasi, karena jika berlebihan dapat berbahaya untuk tubuh Anda.

Sekian artikel tentang manfaat buah pinang untuk kesehatan. Semoga dapat memberikan manfaat.

loading...
Loading...
pohon dan buah beda nama, bagian bagian pinang, bagian2 pinang, kegunaan batang pinang, MANFAAT BATANG PINANG

Manfaat buah Pinang untuk kesehatan | chsa | 4.5