Manfaat Buah Jengkol Bagi Kesehatan

Jengkol adalah buah sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat nan menggugah selera. Mulai dari rendang hingga kerupuk jengkol.

Banyak orang yang tidak menyukai bau jengkol yang menyengat dan khas yang juga menjadi penyebab bau mulut bagi penikmatnya. Namun demikian, tidak sedikit orang yang menyukai jengkol karena rasanya yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan tersebut.

Manfaat Makan Jengkol

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa jangan mengonsumsi jengkol terlalu berlebihan, karena bisa menyebabkan gangguan pada saluran air kencing. Namun bila anda mengonsumsi jengkol dengan benar, maka akan ada banyak manfaat baik bagi kesehatan yang akan bisa anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Jengkol memiliki kandungan serat yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit yang biasa terjadi pada ibu hamil. Serat pada jengkol dapat membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

2. Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan

Ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat untuk membantu tumbuh kembang bayi yang dikandungnya. Jengkol merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan.

3. Jengkol dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh

Jengkol merupakan contoh makanan yang kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B6. Tercukupinya kedua zat tersebut akan membuat organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan stabil. Karena itulah maka ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat demi perkembangan janinnya.

4. Mencegah kecacatan pada bayi

Manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Dengan tercukupinya kebutuhan asam folat, salah satunya dengan cara mengonsumsi jengkol, akan mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat.

5. Mengontrol kadar gula darah

Jengkol memiliki kandungan zat gula yang ‘bersahabat’ dengan para penderita diabetes. Hal ini karena zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes. Alhasil, stamina tubuh pun akan meningkat. Proses penguraian zat gula yang sempurna tidak akan menimbulkan timbunan gula darah di dalam tubuh.

6. Zat Antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam jengkol baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga jantung. Dengan kecukupan zat antioksidan maka akan membuat toksin atau racun sulit masuk ke dalam tubuh, khususnya jantung.

Selain itu, segala sesuatu yang menghambat aliran darah dalam pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung pada jengkol. Aliran darah pun akan menjadi lebih lancar dan jantung pun akan berfungsi dengan baik dan optimal.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat yang akan anda dapatkan dari mengonsumsi jengkol.

Bagi penikmat jengkol yang memiliki masalah gangguan ginjal maka sebaiknya menghindari mengonsumsi jengkol. Karena di dalam jengkol terkandung zat asam jengkolat yang berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena inilah mengapa penderita gangguan ginjal dilarang mengonsumsi jengkol.

Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat yang terjadi bila ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

Bagi orang yang sehat pun sebaiknya mengonsumsi jengkol dalam porsi yang cukup. Jumlah konsumsi jengkol yang dianjurkan hanya 3 hingga 10 gram saja per hari. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap sehat meski anda makan jengkol setiap hari.

Mengonsumsi jengkol dengan bijak akan membuat anda dapat terus menikmati kelezatan dari berbagai jenis olahan dari buah jengkol. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Manfaat Buah Jengkol Bagi Kesehatan | akbar | 4.5