Loading...

Manfaat Buah Cokelat (Kakao)

Gambar Buah Cokelat atau Kakao. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Cokelat atau KakaoBuah cokelat (coklat) juga dikenal dengan sebutan buah kakao. Mendengar tentang cokelat tentu sudah tidak asing bagi Anda, bahkan cokelat dapat dijadikan sebagai hadiah untuk setiap moment penting bagi Anda. Cokelat sendiri berasal dari buah kakao (latin: Theobroma cacao) yang pada awalnya tumbuh di Amazon. Biji kakao sendiri sangat pahit rasanya, namun untuk dapat dijadikan cokelat maka diperlukan proses difermentasi.

Hampir semua orang gemar dengan cokelat, dikarenakan rasanya yang manis. Namun tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat dan kandungan nutrisi didalam cokelat?

Cokelat memiliki kandungan polifenol sekitar 6% yang berfungsi sebagai antioksidan untuk daya tahan tubuh. Selain itu dalam biji cokelat juga terkandung protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. Dimana protein yang terdapat di dalam cokelat memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin dan asam amino triptofan dalam jumlah besar.

Dalam 100 gram cokelat mengandung Energi (Kal) 381, Protein (g) 9, Lemak (g) 35.9, Kalsium (mg) 200, Fosfor (mg) 200 dan Vitamin A (SI) 30. Cokelat Pahit mengandung Energi (Kal) 504, Protein (g) 5.5, Lemak (g) 52.9, Kalsium (mg) 98 dan Vitamin A (SI) 60.

Memang rata-rata jika gemar dengan cokelat membuat gigi keropos dan gemuk, namun jika Anda rajin menggosok gigi dan melakukan olahraga secara teratur hal ini dapat diminimalisir. Karena sebenarnya ada banyak sekali manfaat cokelat, seperti:

Menurunkan Kolesterol Tinggi
Pada saat Anda mengkonsumi cokelat, terdapat kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol buruk, LDL. Untuk diketahui bahwa LDL ini dapat merusak arteri dan dapat berpeluang terkena penyakit jantung.

Menurunkan Tekanan darah tinggi
Kandungan cokelat yaitu flavanols, bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Mengatasi Diabetes
Bagi Anda yang divonis terkena diabetes, dengan makan cokelat hitam dalam porsi yang sedang dipercaya dapat meningkatkan pengolahan gula darah, serta dapat mengurangi resiko diabetes.

Obat Batuk
Berdasarkan penelitian para ahli bahwa theobromine, senyawa yang ada di dalam kakao, dapat berfungsi untuk mengurangi batuk.

Obat Penyakit hati
Senyawa antioksidan didalam cokelat dapat mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

Mencegah Kanker
Walaupun tidak dapat menyembuhkan kanker, namun cokelat dapat mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebebakan pertumbuhan dari sel-sel tumor.

Demikian sekilas mengenai manfaat buah cokelat, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
manfaat kakao, buah coklat, manfaat pohon cacao

Manfaat Buah Cokelat (Kakao) | chsa | 4.5