Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya adalah salah satu jenis tanaman yang banyak manfaat dan juga khasiatnya. Tidak hanya dapat dikonsumsi daging buahnya saja, namun biji pepaya juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan.

Ya, biji pepaya yang dianggap sebagai sampah karena bila dimakan pahit rasanya ternyata dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Karena itu, bila selama ini saat makan buah pepaya kita buang bagian bijinya, maka tidak ada salahnya bila bijinya tersebut dikumpulkan untuk kemudian diolah sebagai salah satu obat kesehatan alternatif.

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Disebutkan bahwa di dalam biji pepaya ada banyak kandungan senyawa kimia penting seperti misalnya adalah protein, lemak tak jenuh, asam oleat, alkaloid, steroid, tanin, minyak atsiri, fenol, saponin, dan masih banyak yang lain. Dengan adanya kandungan nutrisi di dalam biji pepaya seperti itu maka tidak mengherankan bila biji pepaya banyak memberikan manfaat bagi tubuh, diantaranya:

1. Membunuh cacing di usus

Biji pepaya terbukti bisa membunuh cacing parasit dalam usus. Hal ini dikarenakan adanya kandungan alkaloid di dalam biji pepaya yang disebut dengan carpaine. Itulah alasan kenapa biji pepaya sering digunakan sebagai obat penyakit cacing keremi.

2. Menjaga kesuburan pria

Biji pepaya ternyata dapat menjadi kontrasepsi alami. Bahkan, pada pria, biji pepaya dapat mengurangi ketidaksuburan alias dapat meningkatkan kesuburan.

3. Menghambat pertumbuhan kanker

Kini biji pepaya benar-benar bisa menjadi asupan sehat yang perlu dikonsumsi. Karena, biji pepaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker seperti kanker usus besar, payudara, leukemia, paru-paru, dan prostat.

4. Melancarkan pencernaan

Kandungan biji pepaya, yaitu enzim papain dapat membantu memecah protein. Karena itu, mengonsumsi biji pepaya juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta membantu melancarkan sistem pencernaan.

5. Obat radang sendi

Di dalam biji pepaya terkandung zat anti-inflamasi. Karena itu, manfaat biji pepaya juga bisa membantu mengatasi penyakit radang sendi.

Cara Mengonsumsi Biji Pepaya

Biji pepaya memiliki cita rasa yang pahit sehingga orang akan berpikir ulang untuk mencoba memakan biji pepaya. Namun, untuk bisa merasakan manfaat dan khasiat dari biji pepaya, memakan biji pepaya secara langsung harus dilakukan. Atau bisa juga biji pepaya terlebih dahulu dihaluskan untuk kemudian diminum atau dapat ditaburkan sedikit dalam makanan sebagai tambahan bumbu.

loading...
About these ads

Loading...
Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5
kenapa buah pepaya pahit, nama nama biji, kenapa buah kates pahit, pepaya dan biji dihaluskan lalu diminum