Manfaat Asuransi Perjalanan

Kebiasaan berpergian tanpa diperlengkapi dengan asuransi perjalanan agaknya sudah mulai harus ditinggalkan. Makin tingginya resiko selama perjalanan merupakan alasan terpenting yang melatari pendapat tersebut. Anda tentu belum sepenuhnya lupa peristiwa misterius menghilangnya pesawat Malaysia baru-baru lalu. Sementara itu, setiap hari kita dikejutkan dengan berita yang menginformasikan berbagai kecelakaan, baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat utama yang bisa dirasakan dari penggunaan asuransi perjalanan adalah kenyamanan dan ketenangan selama perjalanan. Meskipun demikian, dewasa ini penggunaan asuransi perjalanan di Indonesiaterbilang masih rendah. Hal ini sedikitnya disebabkan oleh dua hal, pertama, karena kesadaran untuk memproteksi diri yang masih rendah, dan kedua, belum berkembangnya industri asuransi perjalanan itu sendiri. Selain itu, kendala lain jugamuncul dai persepsi mengenai tambahan biaya yang dikenakan jika menggunakan jasa ini. Namun, dengan mengingat urgensi dan resiko perjalanan yang semakin tinggi saat ini, memiliki asuransi perjalanan dan memastikan diri terlindungi secara maksimal merupakan pilihan yang tidak hanya cerdas melainkan juga ekonomis.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari klaim asuransi perjalanan. Keuntungan-keuntungan tersebut tentunya bergantung pada pengetahuan yang kita miliki serta kemampuan kita dalam memilah serta memilih berbagai produk asuransi yang ditawarkan. Berikut ini kami sajikan tips-tips sederhana yang bisa Anda manfaatkan ketika menyeleksi berbagai tawaran layanan asuransi perjalanan.

1. Teliti Memperhatikan Premi

Sebagai konsumen premi asuransi perjalanan, Anda dituntut untuk meneliti setiap satuan tanggungan/premi yang ditawarkan. Usahakan agar Anda memiliki premi asuransi yang belum dimiliki. Misalnya, jika anda sudah memiliki asuransi kesehatan, maka pilihlah premi asuransi yang memberi anda perlindungan dari resiko-resiko lain, misalnya biaya pengganti keterlambatan perjalanan, atau biaya pengganti kehilangan bagasi dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang mendetail kepada penyedia layanan.

2. Cerdik dalam Membandingkan

Selain fasilitas premi yang ditanggung, perhatikan juga aspek harga dan tawaran-tawaran menarik lainnya. Bandingkan harga, fasilitasserta berbagai tawaranmenarik lain diantara berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Ketelitian untuk merinci dan membandingkan berbagai tawaran merupakan kunci untuk mendapatkan fasilitas perlindungan yang maksimal dengan harga yang wajar.

3. Proporsional dalam Membeli Asuransi

Produk asuransi perjalanan umumnya bisa diperoleh dari agen asuransi, travel agent, atau secara online. Meskipun kadarnya nilainya hampir sama namun ada beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh dengan memanfaatkan jasa travel agent. Umumnya orang Indonesia menggunakan jasa travel agent. Kelebihannya adalah bahwa travel agent terbukti banyak membantu dalam mempermudah dan mempercepat proses pengajuan asuransi. Jasa travel agent pun biasanya mampu menekan perusahaan untuk segera mencairkan klaim asuransi atau bahkan turut membantu komunikasi dengan keluarga secara relatif lebih cepat.

4. Perhatikan Premi Asuransi Perjalanan Tambahan

Untuk wisata atau perjalanan yang berisiko tinggi, perusahaan asuransi pada umumnya enggan menanggung. Wisata atau perjalanan dengan risiko tinggi misalnya perjalanan wisata olah raga, perjalanan ke alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya semisal ke daerah konflik. Oleh karena itu dibutuhkan inisiatif untuk memperhatikan konten presmi asuransi secara mendetail dan memilih perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan yang memang cocok dengan kebutuhan perlindungan dari resiko selama anda berpergian.

loading...
Loading...
Manfaat Asuransi Perjalanan | akbar | 4.5