Manfaat Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras atau yang juga biasanya disebut dengan istilah air leri ternyata masih dapat dimanfaatkan, khususnya untuk perawatan kecantikan. Mau tahu apa saja manfaat air leri?

Kandungan nutrisi beras yang tertinggi terdapat pada bagian kulit ari, yaitu vitamin, mineral, dan fitonutrien. Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim). Sayangnya sebagian besar nutrisi pada kulit ari telah hilang selama proses penggilingan dan penyosohan beras. Bahkan sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial kembali hilang karena terlarut dalam air pada saat proses pencucian beras sebelum kemudian dimasak menjadi nasi.

Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Perawatan Kecantikan

Pastinya kita akan selalu mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi nasi. Dan sudah pasti pula maka air bekas cucian beras akan kita buang percuma. Padahal, ada banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam air bekas cucian beras tersebut yang dapat kita manfaatkan khasiatnya untuk kecantikan. Mulai dari untuk masker rambut hingga untuk menghilangkan jerawat.

Berikut ini adalah manfaat air bekas cucian beras sebagaimana yang dikutip dari laman Merdeka:

loading...

1. Mengecilkan pori-pori

Untuk mengecilkan pori-pori di wajah, anda bisa coba celupkan bola kapas ke dalam air bekas cucian beras dan memakainya di wajah. Usapkan serta pijat secara perlahan pada bagian yang diinginkan. Hal ini akan mampu mengencangkan pori-pori dan membuat mereka terlihat lebih kecil.

2. Masker rambut

Untuk menggunakan air bekas cucian beras sebagai masker rambut, anda bisa tuangkan air beras pada kulit kepala dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas menggunakan shampoo ringan plus kondisioner. Maka dalam sekejap anda akan memiliki rambut indah berkilau tanpa harus dengan perawatan mahal.

3. Toner kulit

Anda bisa menggunakan air cucian beras untuk membersihkan kototran di kulit atau sebagai toner. Caranya dengan merendam kapas di air bekas cucian beras untuk mengelap kulit anda. Ini akan dapat menghapus setiap kotoran dan sebum berlebih yang ada di kulit. Jika anda rutin menggunakan cara ini, maka kulit wajah anda akan lembut dan segar.

4. Cuci muka

Cobalah sesekali untuk memanfaat air bekas cucian beras untuk mencuci muka untuk membuatnya terlihat bercahaya. Anda dapat menyimpan air bekas cucian beras pada sebuah botol dan menggunakannya setiap kali anda mencuci muka. Khasiat ini akan lebih teras untuk pencahayaan kulit. Anda tidak harus bergantung pada produk-produk kosmetik yang mahal dan beresiko tinggi. Cukup menggunakan air bekas cucian beras ini, anda akan terlihat bercahaya.

5. Masker wajah

Air bekas cucian beras ini juga bisa dijadikan sebagai masker wajah. Ambil ‘paper napkin’ dan potong di beberapa bagian mirip masker wajah pada umumnya. Tuangkan air beras dalam mangkuk dan rendam kertas masker di dalamnya selama kurang lebih 10 menit. Kemudian angkat dan peras. Secara perlahan tempelkan itu ke wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Rasakan kesegaran wajah Anda setelah memakai itu.

6. Penyembuh jerawat

Daripada anda harus pergi ke dokter kulit atau dokter kecantikan untuk mengobati jerawat di wajah, maka tidak ada salahnya bila anda coba memanfaatkan air bekas cucian beras untuk mengatasi jerawat di wajah anda. Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras untuk mencuci muka secara rutin. Basuh wajah anda dengan air tersebut lalu pijat wajah selama sekitar 6 menit. Bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk nan lembut sambil menepuk-nepuk kulit. Air ini akan dapat menyembuhkan jerawat di wajah secara alami dan lebih cepat.

loading...
Loading...
suka mencium beras, gambar cucian numpuk, manfaat air tahu, poto poto air beras, poto air beras

Manfaat Air Bekas Cucian Beras | akbar | 4.5