Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi harus benar-benar menjaga pola makannya. Dengan menjaga pola makan yang sehat, maka tekanan darah akan menjadi terkendali. Selain itu, kemungkinan terkena penyakit stroke, serangan jantung, dan berbagai macam penyakit serius lainnya pun bisa dicegah.

Pantangan Makanan untuk Penderita Hipertensi

Selain mengonsumsi makanan sehat tertentu, penderita hipertensi juga disarankan untuk menghindari jenis-jenis makanan yang bisa memicu naiknya tekanan darah. Adapun beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi adalah:

1. Acar

Meski acar memiliki rendah kalori yang baik untuk tubuh, namun dengan adanya kandungan sodium yang tinggi pada acar membuatnya harus dihindari oleh penderita hipertensi. Pada satu acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum sodium perhari (2.300 mg).

loading...

2. Kentang goreng

Walaupun banyak restoran kini menggoreng kentang menggunakan minyak yang bebas lemak trans, namun ternyata tetap ada kandungan lemak dan sodium yang masih tinggi. Penyajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gram lemak.

3. Daging asap

Pada tiga potong daging asap terkandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak. Sebagai alternatif, mengonsumsi daging burung lebih baik ketimbang daging asap.

4. Daging merah

Komposisi dari sebuah diet yang sehat harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. Untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya hindari untuk mengonsumsi daging merah. Contoh jenis daging merah yang harus dihindari adalah daging kambing.

5. Susu

Susu adalah merupakan sumber kalsium. Sayangnya, susu memiliki kandungan lemak yang tinggi. Pada setiap satu gelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Selain tidak baik untuk penderita liver, lemak tak jenuh juga berbahaya untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Donat

Dibalik rasanya yang lezat donat ternyata tidak cukup baik untuk penderita hipertensi. Karena setiap anda mengonsumsi sebuah donat, itu artinya anda banyak mengonsumsi gula dan lemak yang akan meningkatkan tekanan darah anda.

Mengonsumsi gula berlebih bisa menjadi penyebab obesitas atau kelebihan berat badan. Padahal, kelebihan berat badan akan membuat banyak sumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah.

7. Mi instan

Karena mudah dalam proses pengolahannya, menjadikan mi instan sebagai salah satu makanan favorit di hampir seluruh dunia. Sayangnya, pada setiap bungkus mi instan terkandung 14 gram lemak dan 1,580 mg sodium.

8. Margarin

Tidak semua jenis margarin jahat. Untuk anda yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi, maka anda harus memastikan bahwa margarin yang digunakan tidak mengandung lemak jenuh. Karena itu, sebelum membeli dan menggunakannya sebaiknya anda baca kemasannya untuk memastikan kandungan yang ada di dalamnya.

Sebenarnya tidak hanya makanan di atas saja yang harus dihindari. Namun anda penderita hipertensi juga harus memperhatikan kandungan yang ada pada makanan yang mereka makan. Sebab makanan yang tinggi akan gula, garam, dan lemak akan memperburuk penyakit hipertensi yang anda derita.

Menghindari mengonsumsi makanan penyebab naiknya tekanan darah tinggi bisa membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Dengan demikian, resiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung penyakit lainnya bisa anda hindari.

loading...
Loading...
Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi | lawas | 4.5