Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Asma

Asma merupakan penyakit peradangan kronis yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernafas. Aktivitas keseharian dapat terganggu akibat dari sakit asma ini. Bahkan yang lebih parah penyakit ini dapat mengancam jiwa penderitanya.

Ada banyak variasi gejala penyakit asma. Masing-masing orang bisa berbeda gejala yang muncul. Beberapa gejala asma dapat meliputi batuk, sesak di dada, sesak napas dan batuk yang parah.

Sangat penting bagi penderita asma untuk mengontrol hal yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit ini. Orang dengan sakit asma harus ekstra hati-hati saat melakukan aktivitas fisik dan memastikan mereka tidak bekerja terlalu keras dan mengalami kesulitan dalam bernapas.

Penyakit asma tidak bisa disembuhkan. Namun, gejala dapat dikendalikan dengan mengambil perawatan yang tepat dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Asma

Faktor lingkungan dapat memperburuk gejala asma. Cara terbaik untuk mengobati asma adalah dengan cara mengidentifikasi gejala dan menghindari alergen yang dapat memicu gejala dari penyakit asma.

Selain karena faktor lingkungan, pemicu kambuhnya penyakit asma juga bisa dikarenakan oleh makanan. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari makanan yang dapat memicu kambuhnya sakit asma.

Sebagaimana yang diktuip dari laman Boldsky, berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari untuk membantu mengurangi gejala asma.

1. Wine

Pengawet sulfit yang hadir dalam wine dapat memicu bersin dan batuk. Anggur merah adalah penyebab terbesar yang menyebabkan reaksi alergi. Alkohol dapat memperburuk gejala asma karena berbagai derajat refluks asam.

2. Gandum

Gluten, yaitu protein yang ditemukan dalam gandum dapat memicu asma. Gluten menyebabkan peradangan yang dapat membatasi kemampuan seseorang untuk bernapas. Oleh karena itu, hindari gandum dan produk olahannya untuk mengurangi pemicu asma.

3. Telur

Putih telur mengandung protein. Protein ini dapat menjadi bentuk pemicu asma pada orang yang sensitif terhadap hal itu, maka yang terbaik adalah anda harus menghindarinya.

4. Kedelai

Kedelai mengandung banyak protein alergi, yang pada gilirannya dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh.

5. Kacang kacangan

Meskipun tidak mungkin untuk menarik hubungan antara alergi kacang dan asma, namun hasil penelitian telah membuktikan bahwa alergi terhadap kacang mungkin bisa memicu gejala asma pada seseorang.

6. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang membantu dalam perkembangan menguatkan kesehatan tulang dan gigi. Namun harus diperhatikan karena susu adalah salah satu penyebab alergen asma yang paling umum. protein susu dapat memicu asma. Jadi, hindari asupan susu jika anda melihat gejala tertentu seperti asma karena konsumsi susu.

Itulah beberapa asupan makanan dan minuman yang harus dihindari karena dapat memicu sakit asma. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Asma | akbar | 4.5