Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Selama Bulan Puasa Ramadhan

Metabolisme tubuh selama berpuasa sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi selama buka puasa hingga makan sahur. Maka dari itu, penting dan dianjurkan untuk melakukan perencanaan atas makanan yang dikonsumsi sebelum sahur dan setelah berbuka agar yang berbahan alami.

Makanan dan minuman berbahan alami adalah yang terbaik yang layak dikonsumsi saat berbuka puasa. Artinya, makanan tersebut tidak mengandung pengawet, pemanis buatan, gis (ragi), dan carbonate (karbonasi/soda). Karena makanan yang tidak alami dapat memicu perut kembung, dan membuat puasa tidak nyaman.

Rasa kantuk dapat muncul saat shalat tarawih bila terlalu banyak makan saat berbuka, apalagi yang banyak mengandung lemak. Perlu diketahui bahwa makanan berlemak dicerna dalam lambung selama 6 jam, lebih lama dibanding karbohidrat dan protein yaitu 4 jam. Karena berat, energi yang seharusnya membuat kita tetap terjaga dipakai untuk mencerna lemak tadi, makanya ngantuk.

Tidak hanya itu saja, makanan berbahan ragi dan minuman berkarbonasi juga dapat membuat perut kembung, dan meningkatkan produksi asam lambung.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dingin, namun ini juga tidak dianjurkan di bulan puasa. Alasannya karena kondisi dingin selain membuat ketagihan, juga dapat memicu kontraksi lambung dan radang tenggorokan.

Contoh makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk makan sahur yaitu nasi yang mengandung karbohidrat kompleks, yang berasal dari beras yang masih berkulit ari, beras merah, atau gandum.

loading...
About these ads

Loading...
Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Selama Bulan Puasa Ramadhan | akbar | 4.5
gambar orang sakit perut