Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Selama Menstruasi

Setiap wanita secara normal akan mengalami masa menstruasi setiap bulannya. Namun lamanya siklus menstruasi yang didapatkan oleh setiap wanita tentunya tidak sama.

Secara umum, siklus menstruasi wanita terjadi sekitar 28 hari dengan lama masa menstruasi bisa 2 hari sampai 7 hari dan yang paling lama bisa sampai 15 hari.

Selain siklus menstruasi yang berbeda, beberapa wanita juga ada yang mengalami gangguan menstruasi dimana menstruasi bisa datang terlambat dan atau tidak lancar. Ada wanita yang ketika menstruasi datang, ia merasakan sebagaimana hari-hari biasanya. Namun tidak jarang mereka mengalami berbagai gejala yang tidak mengenakkan terkait kondisi kesehatan tubuhnya semisal merasa nyeri di perut, pusing, perut kembung dan gangguan lainnya.

Gangguan menstruasi yang terjadi bisa disebabkan oleh karena beberapa hal, salah satunya adalah faktor makanan yang dikonsumsi. Karena itu, ketika menstruasi datang ada baiknya bagi wanita untuk menjaga makanan yang dikonsumsinya. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh si wanita terutama ketika menstruasi berlangsung.

Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Selama Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan yang biasa dialami oleh wanita secara normal. Darah yang keluar dari rahim saat menstruasi terjadi sebagai akibat dari luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Beberapa makanan dapat dikonsumsi wanita untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, terutama untuk membantu meringankan gejala Pra Menstruasi Syndrome atau PMS. Berikut diantaranya:

1. Zat besi

Tubuh akan kehilangan banyak darah selama menstruasi berlangsung. Itulah kenapa banyak wanita yang mengeluhkan mengalami anemia selama menstruasi. Untuk mengatasi anemia sebagai efek dari menstruasi, maka cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, unggas, makanan laut, sayuran hijau atau sereal.

2. Kalsium

Kalsium bisa membantu mengurangi tingkat keparahan PMS, demikian menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan. Bila selama ini anda biasa bermasalah dengan PMS, maka anda bisa mencoba untuk mengonsumsi produk susu, sayuran hijau, tahu atau makanan lain yang tinggi kalsium. Barangkali itu bisa membantu.

3. Saffron

Selain kalsium, saffron juga bisa membantu untuk meredakan gejala PMS. Untuk itu anda bisa menggabungkan rempah-rempah ke dalam sup, teh dan saus seperti kari.

Saffron sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis bumbu dapur khas dari Timur Tengah dan India.

4. Ikan

Sebagai salah satu sumber anti-inflamasi, omega-3 asam lemak dapat membantu mengatasi kram selama menstruasi. Anda bisa mendapatkan sumber asupan omega-3 asam lemak dari konsumsi ikan, misalnya saja dari ikan salmon, trout, sarden dan ikan asin. Selain itu, anda juga dapatkan asupan omega-3 dari mengonsumsi dalam bentuk kapsul minyak ikan atau suplemen omega-3.

5. Jahe

Sebagai salah satu rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati sakit perut. Seperti kunyit, jahe bisa ditambahkan ke teh atau saus serta dicampur ke dalam smoothies.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Untuk mencegah migrain saat menstruasi datang, anda bisa coba dengan memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati yang tinggi vitamin E.

7. Fiber

Mendapatkan cukup serat bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayuran untuk mencegah masalah usus yang terkadang muncul saat periode menstruasi tengah berlangsung.

8. Makanan ringan rendah garam

Perut kembung bisa disebabkan karena tingginya konsumsi garam. Untuk mencegah perut kembung selama menstruasi, maka anda bisa coba makanan alternatif rendah garam, seperti misalnya adalah kentang goreng buatan sendiri atau popcorn tawar.

Selain dengan memperbanyak konsumsi makanan tersebut, tidak ada salahnya juga bila wanita mencoba ramuan alami untuk mengatasi gangguan menstruasi selama periode menstruasi atau gangguan tersebut muncul.

Menstruasi adalah siklus bulanan yang merupakan hal alami yang biasa dialami oleh setiap wanita setiap bulannya. Darah menstruasi keluar dari dalam rahim, sebagai akibat dari luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

loading...
Loading...
Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Selama Menstruasi | akbar | 4.5