Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Ampuh

Tingginya kadar kolestrol di dalam tubuh pada umumnya menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan. Penyebab kolesterol tinggi sendiri biasanya adalah akibat dari pemilihan pola makan yang tidak sehat serta kurang geraknya badan, dalam hal ini adalah jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga.

Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh liver yang didapat dari makanan berlemak yang masuk dalam tubuh. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Seseorang disebut memiliki kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah pada saat kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Adapun batas normal kolesterol dalam tubuh seseorang adalah berkisar 160–200 mg.

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Pola makan yang sehat merupakan faktor utama untuk menghindari tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Adapun beberapa contoh makanan sehat yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Oats dan gandum utuh

Banyak orang menyukai konsumsi oats karena bisa mengurangi kolestrol. Selain itu manfaat oats juga merupakan makanan yang mudah didapat serta mudah dalam penyajiannya. Tidak hanya oats saja, namun segala bentuk gandum utuh, seperti gandum hitam, soba, dan juga lainnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

2. Sayuran

Beberapa jenis sayuran yang dapat membantu mengurangi kolestrol diantaranya adalah sayur lobak, mentimun, daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan juga cabai. Tidak hanya itu saja,sayuran hijau seperti bayam juga memiliki kontribusi cukup besar dalam menormalkan kadar kolestrol.

3. Alpukat dan mintak zaitun

Mengonsumsi buah alpukat dan minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kolestrol baik yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.

4. Dark cokelat

Cokelat menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Dan ternyata makanan ini memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan, termasuk diantaranya adalah mengurangi kolestrol tinggi. Namun sebaiknya konsumsilah dark cokelat tanpa pemanis buatan.

5. Buah-buahan dan kacang-kacangan

Menerapkan pola makan yang sehat akan kurang lengkap bila tanpa buah dan kacang-kacangan. Karena itu pastikan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah yang memberikan nutrisi serta gizi yang cukup bagi tubuh. Kacang-kacangan yang tidak boleh terlupakan diantaranya adalah seperti hazelnut, almond, dan juga kenari.

Itulah beberapa contoh makanan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa dikonsumsi. Pastikan juga untuk menjaga kolesterol dalam batas yang normal, rajin-rajinlah untuk berolahraga setiap harinya. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Ampuh | akbar | 4.5