Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, maka kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh. Beberapa fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh diantaranya adalah sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D (bersama sinar UV) serta membentuk asam empedu di usus.

Namun, jika kadar kolesterol mengalami kenaikan atau tinggi tentunya akan menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh. Sebut saja misalnya akibat dari tingginya kadar kolesterol adalah gangguan ereksi, gagal ginjal, serangan jantung, stroke serta meningkatnya resiko penyakit Alzheimer.

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Darah

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol darah adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Berbagai jenis makanan terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Berikut adalah contoh makanan yang bisa untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

1. Tomat

Minum dua gelas jus tomat setiap hari membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Delima

Buah delima sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, khususnya untuk mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang bisa membantu dalam mengurangi plak pada arteri.

3. Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat secara teratur bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

4. Anggur

Rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari akan menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.

5. Bawang putih

Bau menyengat yang ditimbulkan oleh rempah ini mungkin tidak anda sukai. Namun, ternyata bawang putih sangat efektif membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

6. Aneka olahan kedelai

Selain menurunkan kolesterol jahan dalam darah, tempe dan tahu juga bisa menjadi sumber protein.

7. Kacang-kacangan
Kacang tanah, kenari, almond serta edamame memiliki kandungan lemak omega 3 dan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

Itulah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi dan masuk dalam menu diet harian anda untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol.

loading...
About these ads

Loading...
Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah | akbar | 4.5