Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Darah Penderita Demam Berdarah DBD

Demam berdarah dengue atau DBD paling sering menyerang saat musim hujan berlangsung. Karena pada musim hujan akan ada banyak media yang tersedia sebagai tempat untuk berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti. Sebagaimana kita ketahui, seseorang bisa tertular penyakit demam berdarah DBD bila terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang sebelumnya juga telah menggigit pasien DBD.

Salah satu masalah serius akibat demam berdarah DBD adalah si penderita akan kehilangan banyak trombosit dalam darahnya. Trombosit adalah sel darah yang membantu dalam penggumpalan darah untuk mencegah dan menghentikan pendarahan.

Akibat dari berkurangnya jumlah trombosit dalam darah akan membuat tubuh si penderita melemah. Selain itu, akibat dari menurunnya jumlah trombosit dalam darah (baca: terlalu rendah) juga bisa menyebabkan perdarahan yang berlebihan dapat terjadi dan apabila parah bahkan dapat mengancam jiwa. Untuk meningkatkan kembali jumlah trombosit dalam darah, salah satunya bisa dari makanan.

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Darah Penderita Demam Berdarah DBD

Adapun beberapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit darah yang rendah secara alami diantaranya sebagai berikut ini:

1. Labu

Buah labu kaya akan kandungan vitamin A, tanaman pangan ini juga membantu mengatur protein yang diproduksi di dalam sel, yang penting untuk meningkatkan jumlah trombosit darah. Konsumsi buah labu setiap hari sangat baik dilakukan bagi penderita DBD untuk meningkatkan jumlah trombosit.

2. Pepaya

Buah pepaya dan daunnya bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit yang rendah hanya dalam beberapa hari. Pada tahun 2009, para peneliti di Asian Institute of Science and Technology di Malaysia menemukan bahwa jus daun pepaya bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit orang yang di terdiagnosa demam berdarah. Untuk menangkal rasa pahitnya, penderita juga bisa makan potongan buah pepaya manis yang kaya akan kandungan vitamin C selama dirawat.

3. Sayur dan buah kaya vitamin C

Untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, penderita DBD perlu meningkatkan asupan vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 1990 di Jepang Journal of Hematology menyatakan bahwa vitamin C dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Tidak hanya itu saja, namun vitamin C juga akan mencegah dari kerusakan dimediasi radikal bebas dari trombosit dan sebagai antioksidan alami. Adapun makanan sumber vitamin C diantaranya adalah lemon, jeruk, tomat, melon, kiwi, paprika dan brokoli.

4. Bayam

Kandungan sayur bayam, yaitu vitamin K sering digunakan untuk meningkatkan trombosit rendah. Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang tepat. Dengan demikian, dapat mengurangi risiko perdarahan yang berlebihan akibat dari virus DBD.

Itulah beberapa jenis makanan untuk meningkatkan trmbosit darah penderita demam berdarah DBD yang wajib dikonsumsi setiap hari selama sakit. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Darah Penderita Demam Berdarah DBD | akbar | 4.5
daging bebek menaikkan trombosit, manfaat pepaya jepang, daun pepaya jepang, pepaya jepang, bebek meningkatkan trombosit, kandungan daun pepaya jepang, daun pepaya jepang khasiat, manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan, pepaya jepang khasiat, apa kasiyat daun payajepang, manfaat daun kates jepang, hasiat daun pepaya jepang, Manpaat daun pepaya jepang untuk kesehatan, ciri ciri tanaman pepaya jepang, nasi bebek meningkatkan trombosit, manfaat daun pepaya jepan, apa itu pepaya jepang, manfaat daum pepaya jepang, kjasiat daun pepaya jepang, khasiat pepaya jepang, khasiat daun pelaya jepang, khasiat daun paya jepang, kasiat dsun pepaya jepang, jurnal tentang peningkatan trmbpsit dengan makan bebek, darah bayam, apa khasiat pepaya jepang, sate kambing apa bisa turun trombositnya