Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi hingga minimal bayi berumur 6 bulan. Namun sayangnya, tidak semua ibu mampu memberikan ASI secara eksklusif untuk si bayi.

Berbagai alasan diberikan oleh ibu kenapa ia tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya secara eksklusif. Mulai dari kesibukan bekerja, hingga karena produksi ASI yang sedikit.

Produksi ASI sendiri biasanya akan mulai berkurang ketika si bayi berusia sekitar 4 bulan. Karena itu, ibu perlu mencari cara untuk meningkatkan produksi ASI agar tetap terjaga sehingga dapat memenuhi kebutuhan si bayi.

Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Salah satu cara meningkatkan produksi ASI adalah dengan si ibu mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI ibu menyusui:

1. Air putih

Dehidrasi tidak hanya membuat tubh menjadi cepat lemas, namun juga akan berdampak terhadap ibu hamil dimana hal itu akan dapat mengurangi produksi ASI. Karena itu, selama masa menyusui sebaiknya ibu memperbanyak konsumsi air putih. Minumlah air yang cukup sesuai takaran yang diperlukan untuk ibu menyusui.

2. Susu

Saat ini sudah ada banayk produk susu yang dapat membantu menolong ibu menyusui dalam meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Jadi tidak ada salahnya bila ibu coba mengonsumsi produk susu untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI tersebut.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan. Khususnya untuk ibu menyusui, perbanyaknya konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam yang memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. Sayuran tersebut dapat membantu meningkatkan laktasi atau produksi ASI.

4. Kacang hijau

Suasana hati ibu dapat berpengaruh terhadap banyaknya jumlah produksi ASI. Dalam hal ini, kacang-kacangan, termasuk kacang hijau, dapat membantu tubuh menghasilkan tiamin yang berfungsi untuk menjaga kestabilan emosi ibu yang menyusui.

5. Makan Buah dan Sayuran

Ibu yang sedang dalam masa menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis buah seperti semangka dan aprikot. Sementara untuk jenis sayuran yang dianjurkan seperti pepaya hijau dan botol labu membantu dalam sekresi susu. Tidak hanya itu saja, wortel yang kaya akan beta karoten cocok dalam diet ibu menyusui. Asparagus kaya mineral dan jahe juga merupakan rempah yang baik untuk ibu menyusui.

6. Bawang Putih

Kesampingkan dulu aroma khas menyengat dari rempah ini. Karena walau memiliki aroma yang menyengat kuat, namun manfaat bawang putih dapat membantu melancarkan laktasi.

7. Buncis

Buncis memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Beberapa contoh kandungan di dalam buncis seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, vitamin B6, protein, zat besi, kalsium, serat, kalsium, fosfor, serta potasium yang baik untuk kualitas ASI.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang dalam menyusui untuk membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Dengan produksi ASI yang terjaga dan tetap melimpah, maka ibu akan lebih mudah dalam memastikan bahwa bayinya dapat diberikan ASI secara eksklusif setidaknya minimal hingga berumur 6 bulan.

loading...
Loading...
artikel cara menyusui pacar, gambar menyusui pacar, dampak negatif menyusui pacar, menyusui pacar sendiri, dampak menyusui pacar, bolehkah ibu menyusui makan kolang kaling, kolang kaling untuk ibu menyusui, jenis ikan menyusui, meme kurang asi, meme menyusui bayi tua, meme nyusu, memehamil

Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui | akbar | 4.5