Makanan untuk Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Sulit tidur atau yang biasa kita kenal dengan sebutan insomnia merupakan masalah yang sering dialami oleh kebanyakan manusia modern. Pekerjaan yang menumpuk, kemacetan di jalan serta stres membuat semakin banyak orang yang mengalami kesulitan tidur. Padahal, manfaat tidur sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Walau terdengar sepele, namun susah tidur dapat mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Bahkan sebuah penelitian mengaitkan masalah gangguan tidur kategori akut dengan penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke dan diabetes.

Untuk mengatasi masalah susah tidur, banyak orang memilih obat tidur sebagai solusinya. Padahal, bila kita terbiasa mengonsumsi obat tidur dalam jangka panjang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan pada orang yang sudah terbiasa mengonsumsi obat tidur ia akan lebih sering mengalami gangguan tersebut.

Makanan untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Untuk mengatasi masalah susah tidur sebenarnya perlu diketahui faktor penyebabnya. Karena tanpa mencari tahu apa faktor penyebab susah tidur maka masalah tersebut akan sulit teratasi. Dengan mengetahui penyebab susah tidur, maka akan dapat dilakukan penanganan yang tepat terhadap masalah susah tidur tersebut.

Susah tidur sebenarnya juga bisa dipengaruhi oleh makanan. Karena sebagaimana yang dikutip dari laman Metrotvnews, ada beberapa makanan yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur, diantaranya:

1. Biji Labu

Biji labu sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami masalah tidur. Alasannya adalah karena biji labu memiliki kandungan magnesium yang cukup banyak.

Magnesium berperan sebagai pengatur fungsi kelenjar pineal yang bertugas memproduksi hormon melatonin (hormon yang memicu mengantuk), demikian menurut Dr Marilyn Glenville, ahli gizi dari Inggris.

2. Air Kelapa

Salah satu cara untuk membantu tidur malam lebih nyenyak adalah dengan minum segelas air kelapa di malam hari. Karena air kelapa merupakan sumber elektrolit mineral yaitu kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan natrium. Dengan tercukupinya kandungan elektrolit dalam tubuh akan membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

3. Ceri

Adanya kandungan melatonin yang ada di dalam buah ceri dapat membantu seseorang untuk lebih mudah terlelap.

4. Zinc

Sumber asupan zinc bisa diperoleh dari seafood, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Zinc membantu mengkonversi triptofan menjadi serotonin dan melatonin, yang bermanfaat mengatur siklus tidur.

Itulah beberapa asupan makanan yang dapat membantu seseorang lebih mudah tidur di malam hari sekaligus juga sebagai langkah pencegahan terhadap masalah sulit tidur atau insomnia. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Makanan untuk Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur | akbar | 4.5