Makanan untuk Mencegah Gigi Berlubang

Cara menjaga kesehatan gigi salah satunya adqalah dengan menyikat gigi secara teratur. Namun tahukah anda bila cara mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi bisa dilakukan sejak dini dengan makanan yang dikonsumsi?

Ada beberapa makanan dalam diet sehari-hari yang bisa membantu nafas segar serta merawat gigi agar tetap sehat. Berikut diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Time of India:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, sawi hijau, daun kale, okra, ataupun sayuran berdaun lainnya sangat baik untuk mendapatkan vitamin dan mineral dalam diet.

2. Produk non-vegetarian

Serat dengan kandungan mineral juga sangat penting untuk melindungin email gigi. Selain itu, daging, ikan dan tahu adalah sumber mineral yang sangat baik.

3. Keju dan yogurt

Mengkonsumsi keju dan yogurt bisa melindungi enamel gigi dan akan membantu menggantikan mineral dalam gigi.

Sehigga mengkonsumsi keju dengan rendah lemak dan yogurt tanpa lemak dapat dijadikan pilihan dalam menu diet. Keju mengandung protein yang ditemukan dapat menopang enamel gigi.

4. Susu dan telur

Susu dan telur merupakan sumber yang sangat baik dari kalsium dan vitamin. Produk susu dan kuning telur dapat memperkuat gigi.

5. Sayuran renyah dan buah-buahan

Sayuran renyah yang dimaksud seperti wortel, apel dan seledri mengandung banyak air dan membutuhkan banyak mengunyah yang baik untuk kesehatan mulut.

Mengunyah dengan banyak bisa merangsang aliran air liur yang sekaligus juga berguna sebagai scrub permukaan gigi pada saat makan. Hal ini bisa membuat gigi putih seperti mutiara.

loading...
Loading...
Makanan untuk Mencegah Gigi Berlubang | akbar | 4.5