Makanan untuk Membuat Haid Jadi Lancar dan Teratur

Haid adalah siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita yang sedang dalam masa subur. Ketika haid tidak datang pada waktunya, pastinya seorang wanita akan merasa khawatir dan bisa jadi juga akan takut mengenai hal tersebut. Pasalnya, haid yang tidak datang pada waktunya bisa menjadi salah satu indikasi kehamilan.

Selain khawatir hamil, haid yang tidak kunjung datang pada waktunya juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit atau masalah dalam tubuh wanita. Karena itu, penting agar haid datang secara teratur setiap bulannya. Manfaat dari haid yang datang secara teratur juga akan mempermudahkan bagi pasangan suami istri yang sedang menjalankan program kehamilan untuk menghitung masa subur.

Penyebab haid yang tidak datang secara teratur bisa terjadi karena gaya hidup dan makanan yang membuat haid tidak teratur. Karena iutu, mengubah gaya hidup dan mengonsumsi makanan yang membantu membuat haid jadi teratur sangat dian jurkan.

Makanan yang Berguna untuk Membuat Haid Jadi Lancar dan Teratur

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan agar haid menjadi teratur setiap bulannya yang bisa dikonsumsi.

1. Daging Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal kaya akan kandungan gizi yang tinggi. Salah satu manfaat mengonsumsi ikan salmon adalah membantu meningkatkan kolagen di tubuh bila dkonsumsi secara teratur. Tidak hanya itu saja, daging ikan salmon juga mampu memberikan kestabilan hormon yang baik. Ini disebabkan oleh adanya kandungan kalsium, vitamin D dan berbagai gizi lainnya di dalam daging ikan salmon yang bermanfaat, sehingga anda menjadi tidak mudah stres dan membuat haid bisa datang tepat waktu.

2. Sayur Brokoli

Kandungan sayur brokoli diantaranya adalah vitamin A, B, C, K dengan tambahan antioksidan, zat besi dan serat yang kaya. Kandungan folat dan vitamin B dalam brokoli mampu mencegah depresi yang menjadi salah satu pemicu tidak teraturnya wanita saat haid dan tidak sehatnya kita saat periode bulanan tersebut.

3. Biji Wijen

Bentuknya yang kecil, namun besar manfaatnya. Konon, manfaat mengonsumsi bisa wijen bisa membantu kondisi tubuh agar tetap sehat. Hal ini karena adanya kandungan dalam biji wijen yaitu vitamin E, serat dan asam lemak tak jenuh. Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak biji wijen juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan tubuh lebih panas.

4. Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai bisa menjadi salah satu minuman kesehatan untuk membantu datangnya haid menjadi lebih lancar dan teratur. Manfaat konsumsi kedelai sendiri bisa untuk mempercantik kulit, mengatur lingkar pinggang dan menjaga kesehatan. Sementara itu susu kedelai baik untuk anda yang sering bermasalah dengan nyeri haid tapi malas untuk makan. Susu kedelai selain bisa menjadi tambahan tenaga, nutrisi yang ada di dalam segelas susu kedelai juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi.

5. Telur

Kandungan protein di dalam telur sama bermanfaatnya dengan yang ada di dalam kedelai, dimana ia mampu membantu mengatur siklus haid wanita. Manfaat telur juga mampu menjaga sistem hormonal dan menjaga tubuh tetap bertenaga serta fokus saat sedang haid. Untuk mendapatkan manfaat telur yang lebih baik, makanlah telur rebus daripada telur yang digoreng.

Makanan dia atas adalah contoh makanan untuk membantu melancarkan haid dan membuat datangnya haid menjadi lebih teratur. Selain dengan makan tersebut, anda juga bisa coba konsumsi makanan alternatif lain yang juga memiliki manfaat untuk membantu haid lancar dan teratur. Beberapa contoh makanan alternatif untuk membuat haid lancar dan teratur yang dapat anda coba konsumsi semisal sayur bayam, kacang-kacangan, buah dan ikan laut lainnya.

Untuk menjaga agar sistem tubuh tidak terganggu, terlebih saat sedang haid, mengonsumsi makanan yang tidak terlalu dingin dan panas serta yang masih segar juga dianjurkan. Selain itu, untuk membantu agar haid lancar dan teratur datangnya, sebaiknya hindari juga terlalu banyak melakukan kegiatan namun kurang istirahat, karena agar tubuh tetap selalu dalam kondisi yang stabil, maka makanan, aktivitas dan istirahat harus berimbang.

loading...
Loading...
cara mengeluarkan air susu pacar, bolehkah minum darsi saat haid, cara membuat selai kacang kedelai

Makanan untuk Membuat Haid Jadi Lancar dan Teratur | akbar | 4.5