Makanan Sumber Vitamin D yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Manfaat vitamin D sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Karena itu asupan vitamin D sangat dibutuhkan terutama bagi wanita yang sedang hamil.

Manfaat vitamin D bagi ibu hamil selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin D juga dibutuhkan untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh dan pembelahan sel yang sehat. Hal ini diperlukan untuk penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor. Tingkat vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit autoimun, penyakit saraf, resistensi insulin dan penyakit kardiovaskular.

Sebagai asupan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil, vitamin D bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa contoh makanan sumber vitamin D yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sebagai berikut ini:

Sinar matahari

Sekitar 80 persen vitamin D yang kita butuhkan berasal dari sinar matahari. Waktu yang disarankan untuk berjemur adalah pukul 06.00 – 09.00 ke seluruh bagian tubuh selama 10 menit. Namun untuk mencegah risiko kanker kulit, maka hindarilah paparan sinar matahari pada pukul 09.00 – 15.00.

Telur

Kuning telur mengandung vitamin D. Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan vitamin D. Satu butir telur mengandung sekitar 40 IU vitamin D.

Lemak Ikan

Lemak ikan sangat tinggi asam lemak omega-3. Hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang kecerdasan otak si jabang bayi. Ikan berminyak seperti ikan trout, herring dan ikan salmon mengandung lebih banyak vitamin D ketimbang makanan yang tidak mengandung vitamin D.

Sereal

Mengonsumsi seral setiap harinya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D dan semua nutrisi yang diperlukan. Sereal juga kaya vitamin B, yang membuatnya menjadi makanan yang sempurna untuk dikonsumsi selama proses kehamilan.

Jus Jeruk

Satu cangkir jus jeruk akan meningkatkan asupan vitamin D dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin C dan asam folat.

Susu

Susu sapi, baik itu yang full lemak atau skim, secara alamiah mengandung vitamin D dan juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya. Satu gelas susu mengandung sekitar 100 IU vitamin D.

loading...
Loading...
Makanan Sumber Vitamin D yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil | akbar | 4.5