Makanan Sehat untuk Penderita Sakit Diabetes

Dalam mengonsumsi makanan, maka ada aturan yang ketat untuk penderita diabetes. Karena bila tidak, maka resiko meningkatnya kadar gula dalam darah bisa saja terjadi secara drastis dan bahkan bisa semakin memperburuk kondisi kesehatannya.

Untuk itu sangat penting bagi penderita sakit diabetes agar menerapkan pola makan yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan alternatif yang memiliki indeks glikemik rendah.

Makanan Sehat Alternatif untuk Penderita Sakit Diabetes

Dikutip dari laman Okezone, berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita diabetes yang sehat dan bisa dikonsumsi sebagaimana disampaikan oleh pakar gizi dan pengamat gaya hidup, Dr. Grace Judio-Kahl di Jakarta.

1. Karbohidrat dengan glikemik rendah

Kenaikan gula darah dalam waktu cepat dan penurunan gula darah secara drastis merupakan kondisi yang bisa memperburuk kesehatan pengidap diabetes.

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi karbohidrat yang lama dicerna agar kenaikan gula darah bisa terkontrol. Misalnya saja beras merah, beras basmati, oat atau roti yang kaya serat.

2. Buah

Buah yang memiliki kandungan indeks glikemik tinggi juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Sebaiknya hindari beberapa jenis buah seperti nanas, melon, semangka dan mangga. Sementara untuk buah seperti apel, belimbing, stroberi dan jeruk itu tidak masalah.

3. Sayuran

Sebenarnya tidak ada pembatasan bagi penderita diabetes utnuk mengonsumsi sayuran. Akan tetapi lebih kepada bagai mana cara mengolah sayuran tersebut. Hal ini dikarenakan indeks glikemik sayur bisa tinggi pada salah diolah. Misalnya saja kentang dan wortel.

4. Bengkuang

Bengkuang tidak memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu bengkuang juga tinggi antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas. Selain itu, bengkuang juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat dan thiamin.

Cara Menjaga Kesehatan Penderita Diabetes

Selain dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, bagi penderita diabetes juga bisa menjaga kesehatan dengan cara jalan kaki setelah makan. Seseorang yang punya kebiasaan jalan kaki setelah makan bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 12 persen. Manfaat jalan kaki dalam hal ini bisa membantu tubuh dalam melawan diabetes tipe 2 yang dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Demikian menurut hasil temuan dari peneliti dari University of Otago di Selandia Baru sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

Bahkan seseorang yang mau jalan kaki singkat setelah makan malam bisa menurunkan 22 persen kadar gula darah. Terlebih bila dilakukan setelah makan karbohidrat berlebihan.

Penting juga bagi penderita diabetes untuk menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah. Misalnya saja buah yang dikeringkan, jus buah, kentang goreng, susu dan roti putih.

loading...
Loading...
pantangan setelah makan nanas, jus bengkoang dan nanas, Jus bengkoang nanas, Manfaat kentang merah bagi ibu hamil, pantangan makan nanas

Makanan Sehat untuk Penderita Sakit Diabetes | akbar | 4.5