Makanan Sehat Sumber Elektrolit Bagi Tubuh

Dalam pengertian kimia, elektrolit didefinisikan sebagai larutan yang mengandung ion bebas. Elektrolit merupakan sumber energi instan yang membantu tubuh agar terhidrasi dengan cepat sehingga mencegahnya dari kekurangan cairan (dehidrasi). Karena itulah maka saat seseorang jatuh sakit yang disertai dengan muntah berlebih dan diare, maka dokter umumnya akan menyarankan kepada si pasien untuk minum cairan elektrolit (oralit).

Selama ini yang kita tahu bahwa kandungan elektrolit alami hanya ditemukan di dalam air. Seperti misalnya adalah bisa didapatkan dari konsumsi air kelapa yang mana bila minuman ini dikonsumsi setiap hari maka akan membantu membangkitkan energi.

Namun ternyata sumber elektrolit tidak hanya bisa didapatkan dalam bentuk cairan, dalam hal ini adalah air kelapa. Karena ternyata sumber elektrolit bagi tubuh juga bisa didapatkan dari sayuran dan buah.

Makanan Sehat yang Kaya Akan Kandungan Elektrolit

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa dari ragam jenis makanan sehat yang kaya akan kandungan elektrolit dan wajib untuk dikonsumsi setiap harinya untuk memberikan tambahan energi bagi tubuh. Diantaranya:

loading...

1. Buah warna-warni

Berbagai jenis buah-buahan yang kaya warna memiliki kandungan elektrolit alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh buah warna-warni yang bisa menjadi sumber elektrolit misalnya adalah buah bit, apel, jeruk nipis, lemon, jeruk, alpukat, strawberry, semua jenis paprika dan labu.

2. Sayuran warna putih

Sayuran berwarna putih seperti kentang, mentimun, lobak, sawi putih, kembang kol, dan kubis juga kaya akan elektrolit. Untuk itu mengonsumsi jenis sayuran ini sangat danjurkan, terutama oleh ibu yang sedang hamil.

3. Kacang-kacangan

Salah satu makanan camilan yang kaya akan kandungan elektrolit adalah jenis kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen. Dari pada anda memilih keripik dengan tinggi karbohidrat, akan lebih baik bila anda memilih camilan kacang.

4. Pisang

Selain dikenal sebagai sumber asam folat, buah pisang juga diklaim sebagai pembangkit energi, karena kaya akan elektrolit. Tidak hanya itu saja, namun buah pisang juga memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang tinggi untuk memperkuat otot dan tulang.

5. Sayuran hijau

Banyaknya kombinasi dari sayuran hijau juga mengandung elektrolit. Ada pula nutrisi lain di dalamnya seperti kalium dan magnesium. Dengan demikian, maka ada tidak boleh melewatkan hari tanpa konsumsi sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda.

loading...
Loading...
sumber elektrolit bagi tubuh

Makanan Sehat Sumber Elektrolit Bagi Tubuh | akbar | 4.5