Makanan Pantangan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Cacar Air

Penyebab cacar air adalah virus Varicella zoster (VSV). Penyakit cacar air adalah penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak bahkan hingga orang dewasa pun bisa terkena penyakit ini. Namun memang pada umumnya penyakit cacar air lebih banyak menyerang anak-anak dimana mereka masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Walau demikian tidak sedikit juga orang dewasa yang menderita penyakit menular satu ini.

Penyakit cacar akan menyebabkan ruam dan melepuh pada kulit yang biasanya juga akan disertai dengan rasa gatal, kelelahan, demam dan juga tubuh serasa lemas. Ruam yang muncul tersebut berisi air, dan sangat disarankan untuk tidak digaruk karena selain bisa menyebar hal itu juga menciptakan infeksi dan akan menyebabkan meninggalkan bekas saat sembuh nanti.

Makanan Pantangan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Sakit Cacar Air

Agar cacar yang diderita tidak semakin parah dan memburuk, penderita cacar air ada baiknya untuk sementara tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti:

1. Produk susu

loading...

Produk susu dapat menyebabkan kondisi kulit berminyak sehingga problem kulit lain bisa muncul atau kondisi kulit jadi semakin parah. Karena itu semua produk susu seperti es krim, keju, mentega, yogurt, dan lain sebagainya sebaiknya dihindari terlebih dahulu saat sedang terserang penyakit cacar.

2. Junk food

Menu yang satu ini tidak mencukupi kebutuhan nutrisi anda sehingga lebih baik dihindari daripada membuat perut terasa mual dan tidak nyaman. Junk food tidak akan membuat Anda lekas sembuh saat menderita penyakit cacar. Akan lebih baik bila anda memilih untuk mengonsumsi makanan yang lebih bergizi yang akan dapat membantu cepat sembuh dari sakit cacar.

3. Daging merah

Daging merah adalah menu yang membuat tubuh jadi ‘panas’. Ketika demam, sebaiknya menu ini dihindari sehingga tubuh tetap ‘dingin’ dan terhindar dari infeksi.

4. Gorengan

Ada banyak kandungan di dalam makanan yang digoreng. Hal ini bisa semakin memperparah kondisi kulit anda. Selama anda sakit cacar, mengkonsumsi menu yang dikukus atau direbus, sayur-sayuran dan buah-buahan jauh lebih baik untuk anda.

5. Buah citrus

Walaupun penderita cacar dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah, namun untuk buah dengan rasa yang sangat asam sebaiknya dihindari, seperti misalnya buah citrus dan jenis jeruk-jerukan lainnya. Karena buah yang terlalu kaya akan asam dapat memicu reaksi iritasi dan membuat kulit jadi semakin gatal.

6. Makanan asin

Makanan asin untuk sementara waktu juga sebaiknya dihindari selama sakit cacar. Karena makanan yang berasa asin dapat memicu rasa gatal berlebih dan menciptakan bekas luka.

7. Makanan pedas

Selain membuat perut terasa mulas, makanan pedas juga dapat membuat kulit menjadi semakin gatal serta akan membuat peradangan semakin parah. Alhasil, kulit yang terkena cacar tidak akan lekas kering dan memicu iritasi.

Adapun beberapa menu sayuran yang dianjurkan untuk penderita cacar air adalah seperti labu siam dan bayam. Karena menu tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih ‘dingin’ sehingga infeksi dari virus cacar dapat ditangani dengan segera.

loading...
Loading...
Makanan Pantangan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Cacar Air | akbar | 4.5