Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

Kulkas, dibeli dan digunakan untuk keperluan menyimpan makanan dan minuman agar tetap dalam kondisi dingin sehingga diharapkan bisa awet dan mampu bertahan lama sebelum akhirnya nanti akan diolah untuk dikonsumsi.

Sebagai media penyimpanan yang sering digunakan, banyak orang salah kaprah dalam hal menyimpanan makanan dan minuman. Sehingga semua jenis makanan dan minuman akhirnya disimpan ke dalam lemari es. Padahal, faktanya tidak semua jenis makanan dan minuman bisa disimpan di dalam lemari es.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis makanan dan minuman boleh dan bisa disimpan dalam lemari es. Beberapa jenis makanan tertentu yang bila disimpan dalam lemari es justru akan merubah cita rasa dan bahkan justru mempercepat proses kerusakan dan makanan yang disimpan tersebut.

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

Sebagaimana yang dikutip dari laman Thrillist, setidaknya ada lima makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es. Berikut diantaranya:

1. Saus sambal

Menyimpan saus sambal di kulkas justru akan mengurangi kualitas cita rasa pedas dari saus. Tingkat keasaman yang sudah disesuaikan membuat saus sambal tidak perlu disimpan di lemari es. Karena itu jangan menyimpan saus sambal dalam lemari es bila anda menginginkannya tetap memiliki cita rasa pedas yang mumpuni.

2. Pisang

Berharap agar pisang selalu dalam kondisi segar, maka tidak demikian yang akan anda dapatkan. Suhu udara yang dingin di lemari es justru akan membuat kulit buah pisang akan berubah warna dan muncul bercak-bercak. Karena itu, simpanlah buah pisang di tempat lain, agar tetap berwarna kuning segar. Biarkan ia berada di tempat terbuka.

3. Sirup mapel
Konsistensi dari sirup mapel ini justru akan berubah bila anda menyimpannya di lemari es. Bila anda memaksakan untuk menyimpannya di lemari es, maka sirup mapel bisa membeku dan menjadi berpasir.

4. Selai

Tanpa menyimpannya di lemari es pun selai memang sudah dibuat dengan tujuan agar bisa awet dan tahan lama dalam waktu yang tidak sebentar. Jadi meski disimpan di rak makanan dengan temperatur suhu ruang, tanpa menyimpannya dalam lemari es pun selai mampu bertahan dan tetap dalam kondisi baik.

5. Kopi

Cita rasa nikmat dari biji kopi akan berkurang bila anda menyimpannya dalam lemari es. Selain itu, biji kopi atau bubuk kopi akan menjadi kering jika disimpan di lemari es. Sebaiknya simpan kopi bubuk ataupun biji jauh-jauh dari lemari es.

Contoh lain yang tidak boleh disimpan dalam lemari es adalah buah tomat. Karena suhu dingin lemari es membuat proses pematangan tomat berhenti. Hal ini akan membuat tomat memiliki tekstur daging yang seperti bertepung. Selain itu, menyimpan tomat dalam lemari es juga akan membuat rasa tomat menjadi hambar. Pilihan terbaik adalah simpanlah tomat dalam suhu ruang dan ditempat yang kering.

Itulah beberapa contoh makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es. Sebenarnya masih ada beberapa contoh lainnya juga. Seperti misalnya adalah acar, kecap, madu dan rempah-rempah yang dipanen dari tanah.

loading...
Loading...
minuman yg tidak boleh disimpan di lemari ea

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas | akbar | 4.5