Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Batuk

Walau ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu meringankan batuk, namun ada juga beberapa yang harus dihindari sementara waktu selama batuk. Karena beberapa jenis makanan dan minuman ditengai dapat membuat batuk semakin parah.

Seberapapun anda sangat menyukai makanan dan minuman berikut ini, namun saat batuk usahakan untuk menghindarinya agar batuk yang anda derita tidak semakin parah. Apa sajakah itu?

Makanan yang Harus Dihindari Saat batuk

Saat batuk dan anda tidak menginginkan batuk yang tengah anda derita semakin parah bukan? Karena itu sebaiknya hindari makanan berikut ini. Diantaranya:

1. Makanan olahan

Hindari makanan seperti pasta, roti putih, keripik dan makanan ringan yang dikemas. Karena makanan olahan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menekan beberapa fungsi pelindung.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dapat memicu batuk semakin parah. Ini karena makanan yang digoreng dengan minyak akan menghasilkan senyawa disebut akrolein, di mana dapat menyebabkan tenggorokan gatal. Karena itu anda harus menjauhi makanan yang digoreng ketika saat sedang batuk.

3. Makanan dingin

Makanan dingin dapat menyebabkan pengeringan dari lapisan pernapasan, sehingga rentan terhadap infeksi, serta memicu batuk karena iritasi. Karena itu usahakan untuk menghindari makanan dingin seperti, es krim dan minuman dingin selama batuk.

Minuman yang Harus Dihindari Saat Batuk

Untuk beberapa jenis minuman yang harus dihindari saat sedang sakit batuk diantaranya adalah sebagaimana yang ada di bahwa ini. Diantaranya:

1. Minuman berkafein

Kafein dapat mengeringkan tenggorokan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan makanan. Karena itu sebaiknya anda hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi selama batuk.

2. Alkohol

Alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anda, bahkan menyebabkan dehidrasi. pada akhirnya hal ini akan semakin memperparah kondisi sakit anda dan bisa mengarah ke masalah kesehatan yang lebih serius.

3. Susu

Susu dikenal dapat merangsang produksi lendir di saluran pernapasan, termasuk tenggorokan dan paru-paru. Karena itu untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan, sebaiknya anda hindari asupan yang menghasilkan lendir seperti susu.

Itulah beberapa contoh makanan dan mionuman yang harus dihindari selama sakit batuk karena bila anda memaksa untuk mengonsumsi akan dapat semakin memperparah batuk yang anda derita. Demikian sebagaimana yang dikutip dari laman Thehealthsite.

loading...
Loading...
makanan yang dilarang saat batuk berdahak, buah yang tidak boleh dimakan saat batuk, minuman yg harus dihindari pada saat batuk, makanan yg harus dihindari saat batuk, makanan yg harus dihindari ketika sakit batuk, makanan yang tidak boleh dimakan ketika sedang batuk, makanan yang tidak boleh di konsumsi saat batuk, apakah buah memperparah batuk, makanan yang dilarang saat batuk, makanan yang d larang saat batuk, makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan saat batuk berdahak, hal yg dlarang apabila batuk, pantangan makanan dan minuman saat batuk

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Batuk | akbar | 4.5