Makanan Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Manfaat kulkas selain untuk membuat es juga dapat digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman. Ibu rumah tangga biasa menggunakan kulkas sebagai tempat untuk membekukan makanan dan atau minuman. Tidak jarang pula berbagai jenis buah dan sayur ikut dimasukkan ke dalam kulkas dengan tujuan agar tidak cepat membusuk.

Namun ternyata tidak semua jenis buah dan sayr dapat disimpan di dalam kulkas. Beberapa jenis buah dan sayur justru akan semakin cepat cepat membusuk ketika disimpan di dalam kulkas.

Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Menyimpan makanan atau minuman di dalam kulkas memang bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga citarasa dan terhindar dari kontaminasi. Namun ternyata tidak semua bisa disimpan di kulkas. Beberapa jenis makanan seperti buah dan sayur justru akan cepat rusak ketika disimpan di dalam kulkas.

Berikut ini adalah sejumlah buah dan sayur yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas, karena bila itu dilakukan maka buah dan sayur akan cepat rusak dan membusuk.

1. Kentang

Kentang yang disimpan dalam suhu ruangan normal bisa bertahan selama satu sampai dengan dua pekan. Sementara itu dalam suhu ruang antara 45 hingga 55 derajat, kentang bisa bertahan dalam kondisi baik selama tiga bulan.

Namun tidak demikian bila kentang disimpan di dalam kulkas, dimana kentang akan cepat berubah warna menjadi hitam sehingga mengalami degradasi kualitas serta cita rasa.

2. Tomat

Kandungan antioksidan dan sejumlah jenis vitamin di dalam buah tomat akan lenyap ketika tomat disimpan terlalu lama dalam kulkas.

Udara yang dingin di dalam kulkas juga dapat menghambat proses pematangan tomat sehingga rasanya juga tidak akan terasa nikmat. Selain itu, udara dingin juga membuat tekstur tomat lembek.

Jadi, lebih baik biarkan berada dalam suhu ruang untuk menjaga citarasa dan nutrisi terbaik tomat.

3. Alpukat

Agar lebih awet, alpukat memang bisa saja disimpan didalam kulkas. Proses pematangan alpukat sangat cepat. Namun bila anda menginginkan untuk membuat alpukat tersebut menjadi lebih cepat matang, ada baiknya letakkan alpukat pada suhu ruangan. Dengan cara ini maka rasa dan kandungan nutrisi didalamnya dapat terjaga.

4. Pisang

Ketika pisang sudah matang, maka buah ini harus segera dikonsumsi, karena bila tidak ia akan cepat membusuk. Buakn cara yang baik pula bila anda ingin menyimpan pisang di kulkas. Karena itu akan membuat kulit pisang cepat berubah warna menjadi hitam dan tidak lagi menarik untuk dimakan.

5. Bawang

Bawang memiliki aroma khas menyengat yang cukup kuat. Karena itu menyimpan bawang di kulkas adalah pilihan buruk yang akan membuat seluruh isi kulkas menjadi bau bawamg. Membiarkan bawang di suhu ruang adalah cara terbaik menyimpan bawang.

6. Kopi

Menyimpan kopi yang sudah dalam bentuk kopi bubuk di dalam kulkas bisa aroma dan cita rasa dari kopi yang sudah dihaluskan. Agar rasanya semakin nikmat dan tetap enak, anda bisa meny​​i​mpan biji kopi ditempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari makanan yang memiliki aroma yang kuat seperti durian ataupun daging.

7. Selai kacang

Menyimpan selai kacang di dalam lemari es akan membuat teksturnya berubah menjadi lebih keras sehingga sulit untuk dioleskan ke roti. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh lemak dari minyak kacang yang mengeras saat didinginkan.

8. Minyak

Minyak memiliki kandungan lemak jenuh yang tidak memerlukan pendingin. Bahkan, minyak yang didinginkan justru akan menyebabkan minyak memiliki tekstur yang padat. Anda pun akan kesulitan ketika harus menungkan minyak ke dalam wajan penggorengan.

9. Durian

Meenyimpan buah durian yang sudah dilepaskan dari kulitnya akan membuat seluruh isi lemari es terkontaminasi aroma bau durian. Kalaupun bila anda ingin menyimpan buah durian di lemari es agar tidak cepat busuk, pastikan anda terlebih dahulu membungkusnya dalam wadah yang rapat.

Itulah beberapa jenis makanan seperti buah dan sayuran yang tidak boleh disimpan di dalam lemari kulkas. Walau kulkas adalah tempat terbaik menyimpan makanan agar tidak cepat busuk, namun pastikan anda perhatikan pula efek dari menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas. Jangan sampai makanan yang anda simpan tersebut akan merusak makanan lainnya yang juga ada di dalam lemari es.

loading...
Loading...
Makanan Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas | akbar | 4.5