Makanan Bagi Ibu Menyusui untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan perkembangan si bayi. Bahkan manfaat memberikan ASI secara eksklusif juga berpengaruh besar terhadap kondisi ibu.

Memberikan ASI akan memberikan kepuasan batin, ketenangan, serta kebahagiaan secara emosional bayi ibu yang menyusui. Juga yang tidak boleh disepelekan dari memberikan bayi ASI adalah dapat mencegah ibu dari resiko kanker payudara.

Sayangnya tidak semua ibu bisa memberikan bayinya ASI eksklusif. Tidak keluarnya ASI atau mungkin karena produksi ASI yang minim membuat ibu seringkali tidak mampu memberikan ASI secara maksimal. Akhirnya pemberian susu formula pun tidak dapat terhindarkan.

Agar ibu yang baru melahirkan bisa memberikan ASI ekslusif, maka ibu harus mencoba beberapa tips cara melancarkan ASI. Selain itu, kualitas dari produksi ASI juga harus diperhatian.

Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Untuk meningkatkan kualitas ASI, ibu bisa melakukannya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

Pare atau Paria

Sayuran ini sangat pahit rasanya. Namun dibalik rasanya yang pahit terkandung khasiat yang luar biasa. Manfaat sayuran pare justru berkhasiat ampuh untuk memperlancar produksi ASI ibu menyusui.

Kacang Almond

Salah satu manfaat Almond adalah bisa untuk memperlancar ASI. Kandungan kalsium di dalam kacang almond sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

Kacang Hijau

Kacang hijau kaya akan kandungan seperti vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu menyusui.

Pepaya

Mengonsumsi campuran madu bersama buah pepaya sangat baik bagi ibu menyusui agar tidak mudah capek dan lelah. Selain itu juga bermanfaat membuat ASI semakin berlimpah.

Sayur Bayam

Bayam dipercaya menjadi salah satu sayur pelancar ASI. Selain itu sayur bayam juga bisa untuk meningkatkan kualitas ASI karena kandungan gizinya sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi, terutama bayi yang baru lahir.

Daun Katuk

Daun katuk dengan kandungan laktagagumnya (zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI) telah dipakai secara turun temurun untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Untuk mendapatkan manfaat dari daun katuk bisa dengan cara dikonsumsi langsung sebagai lalap atau diolah menjadi sayur.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk dapat meningkatkan kualitas dari ASI. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Makanan Bagi Ibu Menyusui untuk Meningkatkan Kualitas ASI | akbar | 4.5