Kurangi Konsumsi Gula, Cara untuk Mencegah Wajah Keriput dan Berjerawat

Gula ternyata tidak hanya dapat menyebabkan diabetes. Karena mengonsumsi gula secara berlebihan ternyata juga menimbulkan akibat negatif pada kulit. Sebagaimana yang dikutip dari laman Tempo, Dr Nicholas Perricone, seorang dokter kulit dan ahli gizi dan Dr Maryann Mikhail, dokter kulit yang berbasis di New York menjelaskan tentang pengaruh buruk gula.

Menurut dua dokter tersebut, saat menelan gula atau makanan dengan indeks glisemik tinggi tubuh memecah karbohidrat ini menjadi glukosa, yang meningkatkan kadar insulin. Karbohidrat sederhana, seperti gula halus, roti putih dan soda, menyebabkan produksi hormon insulin yang tinggi. “Kondisi ini seperti menimbulkan ledakan peradangan di seluruh tubuh,” kata Dr Perricone.

Peradangan akan menghasilkan enzim yang memecah kolagen dan elastin, sehingga akan menyebabkan kulit kendur, keriput dan jerawat. Gula yang dicerna secara permanen akan menempel pada kolagen pada kulit melalui proses yang dikenal dengan glikasi. Selain meningkatkan efek penuaan, glikasi juga dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan ruam kuliat/jerawat (rosacea).

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka akan semakin besar pula kemungkinan anda akan mengembangkan resistensi insulin, yang dapat bermanifestasi sebagai pertumbuhan rambut berlebih (hirsutisme), dan bercak-bercak hitam di leher dan di lipatan tubuh.

loading...
Loading...
Kurangi Konsumsi Gula, Cara untuk Mencegah Wajah Keriput dan Berjerawat | akbar | 4.5