Kota Tua Jakarta Punya Beberapa Landmark Historis, Inilah Dia!

Kota Tua Jakarta selalu menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kita bisa meliahat bangunan dan peninggalan-peninggalan tua saat masa penjajahan dulu.

Ada hal menarik yang selalu diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Tua Jakarta, yakni pengetahuan sejarah dan hal-hal yang berbau klasik. Anda bisa berfoto dan mempelajari sejarah dari berbagai Landmark yang ada.

Landmark Historis Kota Tua Yang Harus Dikunjungi

Inilah beberapa landmark yang wajib anda lihat saat berada di Kota Tua Jakarta :

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah dinamakan juga Museum Batavia dan Museum Sejarah Jakarta. Museum ini tidak dapat dipisahkan dari sejarah Jakarta. Pada zaman penjajahan, museum ini digunakan sebagai balai kota, penjara bawah tanah dan pengadilan. Lapangan yang terdapat di luar bangunan disebut Lapangan Fatahillah. Disinilah dahulu para tahanan dieksekusi.
Di dalam musim ini disimpan 25 ribu barang peninggalan sejarah. Anda dapat melihat berbagai benda bersejarah tersebut hanya dengan tiket masuk 2 ribu rupiah saja.

Museum Bank Indonesia

Awal adanya bank di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari museum ini. Pada zaman dulu, bank ini bernama De Javasche Bank. Bangunan ini asalnya adalah rumah sakit yang dialihfungsikan.

Pusat perekonomian Indonesia pada zaman awal merdeka dikendalikan dari bank ini. Pada tahun 1962, Bank Indonesia mempunyai kantor baru dan bangunan ini menjadi Museum.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Inilah pelabuhan yang penuh dengan nuansa sejarah. Pelabuhan Sunda Kelapa ada sebelum Jakarta sendiri itu ada. Inilah pelabuhan yang menghubugkan Indonesia dengan dunia luar. Pelabuhan ini bahkan sudah eksis dari zaman Kerajaan Pajajaran. Ketika anda berkunjung ke Kota Tua Jakarta, landmark yang satu ini wajib untuk anda kunjungi.

Toko Merah

Nama bangunan ini memang toko. Namun sebetulnya bangunan ini adalah rumah seorang Gubernur Jenderal pada masa VOC, yakni Baron Van Imhoff. Disebut toko merah karena memang bentuknya seperti toko dan berwarna merah. Ketika anda mulai masuk kedalamnya, maka anda akan melihat bahwa segala hal yang ada di sana begitu terawat dengan sangat apik.
Sayangnya, anda tidak sembarangan bisa masuk ke dalam toko merah ini. Anda harus mengantongi izin khusus untuk bisa melihat ke dalam toko merah ini. Toko merah tidak terbuka untuk publik luas.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Ada 1350 jenis keramik dari Nusantara, Asia dan Eropa di dalam museum ini. Tidak hanya keramik, namun terdapat juga 350 lukisan yang bisa anda lihat di dalam museum ini. Tidak hanya melihat, anda juga bisa mempelajari bagaimana caranya membuat keramik di dalam musem tersebut.

Tiket untuk masuk ke dalam museum ini sangatlah murah, anda hanya harus merogoh kocek 2 ribu rupiah (dewasa), 1000 (mahasiswa) dan 600 untuk pelajar.

Banyak hal historis lain yang bisa anda pelajari dan ketahui saat anda datang ke Kota Tua Jakarta. Namun, beberapa landmark yang disebutkan di atas merupakan landmark yang bisa dikatakan wajib untuk anda kunjungi saat berwisata ke Kota Tua Jakarta.

Mempelajari sejarah adalah hal yang sangat baik dan dapat mengingatkan kita pada jasa para pahlawan kita. Kita bisa tahu bagaimana negara ini bisa terbentuk dan hal apa saja yang terjadi pada masa terdahulu. Kita mungkin hidup enak di zaman ini tanpa memikirkan bagimana negara ini bisa berdiri di tangan orang tua-orang tua kita terdahulu.

loading...
Loading...
landmark kota tua

Kota Tua Jakarta Punya Beberapa Landmark Historis, Inilah Dia! | akbar | 4.5