Kopi dan manfaatnya untuk Wanita

khasiat kopi untuk wanitaUmumnya orang berpikir jika kopi termasuk kategori minuman tak sehat, yang biasanya dikaitkan dengan kandungan kafein tinggi di kopi bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Sebenarnya pendapat tersebut tidak salah dan memang ada benarnya, namun ternyata kopi pun tak bisa dikategorikan minuman yang benar-benar buruk, karena kopi juga memiliki manfaat, terutama untuk wanita.

Minuman kopi dan manfaatnya

Pola pikir kopi termasuk minuman yang 100% berbahaya itu harus diubah, kopi bukanlah minuman yang merusak kesehatan, namun asalkan mengkonsumsinya tidak terlalu banyak, atau dengan jumlah yang tepat. Khusus untuk Anda pembaca yang sedang mempunyai masalah kesehatan lambung, disarankan mengkonsumsi kopi sesudah makan, dan jangan terlalu sering, karena sifat kopi itu asam. Ada hal lain yang juga perlu untuk diingat, yakni pada waktu meminum kopi, ingatlah kandungan gulanya, sebaiknya membuat kopi yang rendah gula, serta dibuat lebih encer jangan terlalu kental. Minumlah kopi dengan porsi maksimal 1 hingga 2 cangkir saja per harinya, di mana itu termasuk porsi ideal minum kopi supaya tak merusak kesehatan. Karena memang segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik, tidak hanya kopi saja.

Manfaat kopi tanpa kafein

Yang pertama akan kita bahas sekarang yaitu kopi tanpa kafein. Ketua pengobatan serta pencegahan Mayo Clinic Rochester Minnesota, Donald Hensrud, MD menyebutkan jika terdapat lebih dari seribu komponen dan zat berbeda-beda di dalam secangkir kopi, dan banyak yang memiliki sifat antioksidan, contohnya saja asam klorogenat yang memiliki peran menurunkan resiko seseorang terkena kanker endometrium. Di penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti berbeda juga menyebutkan jika kopi yang tanpa kafein itu memiliki manfaat lebih besar dalam membantu menurunkan resiko seseorang terjangkit kanker endometrium yang biasa menyerang kaum wanita, namun memang beberapa orang masih ragu juga dengan teori ini walaupun sudah keluar hasil penelitiannya. Tetapi, tak ada salahnya mencoba, karena kopi termasuk bahan alami juga.

Melawan depresi merupakan manfaat utama yang sering diinginkan oleh para wanita. Banyak wanita yang mengalami tekanan sehari-harinya di hidup mereka, mulai dari masalah pekerjaan hingga masalah kehidupan sosial. Dan dengan minum kopi, depresi pada wanita pun dapat berkurang. Dibandingkan pria, memang wanita lebih cenderung mengalami depresi. Kopi bisa meminimalisir depresi karena kandungan di dalamnya yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Khusus untuk Anda pembaca yang meminum kopi bisa mengurangi 10% depresi dibandingkan yang tak minum kopi sama sekali. Walaupun kandungan kafein juga ada di soda, namun penelitian mengatakan jika tak menemukan adanya benang merah antara minuman bersoda dengan turunnya tingkat depresi seseorang. Nah, karena itulah, maka bagi Anda yang memang mau memanfaatkan kopi untuk mengurangi depresi, ada baiknya jika kandungan gulanya dikurangi, dengan kata lain ketika minum kopi jangan terlalu banyak memakai gula. Juga untuk menghindari Anda terjangkit penyakit Diabetes Mellitus.

Manfaat berikutnya dari kopi untuk wanita yaitu untuk menjaga kesehatan organ hati. Beberapa penelitian sudah pernah dilakukan dan menunjukkan hasil jika kafein yang ada dalam kopi itu bisa membantu meningkatkan kesehatan organ hati seseorang. Dengan minum kopi teratur bisa mengurangi resiko terkena PSC atau Primary Sclerosis Cholangitis.

Sekian artikel tentang kopi dan manfaatnya untuk wanita. Semoga dapat memberikan manfaat.

loading...
Loading...
Kopi dan manfaatnya untuk Wanita | chsa | 4.5