Kiat dan Tips Agar Tidak Saat Puasa Tidak Cepat Merasa Lapar

Bulan Ramadhan sudah tiba. Bulan dimana setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan haus serta dari apa yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Artinya, selama sekitar 14 jam tidak akan ada makanan dan minuman sedikit pun yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Itulah kenapa banyak orang yang berpuasa mengeluhkan lapar dan haus.

Kiat dan Tips Agar Tidak Cepat Merasa Lapar Saat Puasa

Padahal, dengan menerapkan beberapa tips sederhana, akan membuat orang yang berpuasa tidak merasakan kelaparan dan kehausan yang amat sangat. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang manis untuk menu makan sahur.

Adapun kenapa dianjurkan untuk tidak makan dan minum yang manis saat sahur adalah karena makanan dan minuman tersebut bisa menyebabkan gula dalam darah naik dan turun dengan cepat. Kondisi itu lah yang menyebabkan kenapa kita cepat lapar saat puasa. Bahkan minum susu manis pun bisa menyebabkan perut menjadi cepat lapar di pagi hari saat berpuasa.

Saat makan sahur, penting juga untuk diperhatikan adalah kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi. Minumlah air putih sebanyak tiga gelas saat sahur. Juga, sebaiknya kita hindari minum kopi atau teh karena itu bisa membuat produksi air kencing lebih banyak.

Agar tubuh tetap prima selama berpuasa, maka sebaiknya tidak berolahraga setelah shalat tubuh. karena dengan keluarnya cairan tubuh berupa keringat saat berolahraga akan membuat kebutuhan air dalam tubuh berkurang dan dapat menimbulkan dehidrasi. Maka dari itu, bila memang ingin berolahraga, maka lakukan saat menjelang buka puasa atau pada malam hari.

Hindari juga melakukan banyak aktivitas diluar ruangan bila memang memungkinkan. Suhu di luar ruangan yang lebih banyak akan menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat. Banyanya keringat yang keluar berarti akan ada lebih banyak cairan yang berkurang dari dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat tubuh menjadi cepat lemas. Jika lemas, maka ibadah pun akan terganggu. Mau apa-apa jadi malas. Bahkan sekedar hanya untuk shalat.

loading...
Loading...
habis minum air keluar keringat, keringat habis minum air putih, minum air putih berkeringat, habis minum keluar keringat, penyebab minum air keluar keringat, penyebab keringat setelah minum air, penyebab setelah minum air putih berkeringat, minum kopi bawaannya lapar, minum air putih langsung keringetan, minum air putih keluar keringat, minum kopi bikin lapar, Mengapa setelah minum kopi saya merasa lapar?, keringat setelah minum air putih, keringat setelah minum, kenapa setelah minum kopi merasa lapar, kenapa setelah minum ai putih berkeringat, kenapa habis minum air putih berkeringat, keluar kringat banyak setelah minum air putih, sudah minum air badan langsung keluar keringat

Kiat dan Tips Agar Tidak Saat Puasa Tidak Cepat Merasa Lapar | akbar | 4.5