Loading...

Khasiat Asam Jawa untuk Pengobatan Tradisional

Gambar Pohon Tanaman Buah Asam JawaAsam Jawa yang mempunyai nama Ilmiah Tamarindus indica, Linn. termasuk dalam keluarga Leguminosae. Di beberapa daerah asam jawa mempunyai sebutan yang berbeda seperti Asem (Jawa), Celangi, Tangkal asem (Sunda).

Kandungan Kimia Pada Asam Jawa

Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Dalam setiap 100 gram daging asam jawa yang masak di pohon terkandung kalori sebesar 239 kal, protein 2,8 gram, lemak 0,6 gram, hidrat arang 62,5 gram, kalsium 74 miligram, fosfor 113 miligram, zat besi 0,6 miligram, vitamin A 30 SI, vitamin B1 0,34 miligram, vitamin C 2 miligram. Sementara itu kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Khasiat Asam Jawa untuk Obat Tradisional

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan minuman yang menyegarkan, asam jawa juga bisa digunakan sebagai pengobatan.

1. Obat Asma
Rebus 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulawaras secukupnya dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari.

2. Obat Alergi atau Biduren (Jawa)
Rebus 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya dan 1/4 sendok kapur sirih dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Obat Luka Baru
Kunyah daun asam jawa secukupnya sampai lumat lalu tempelkan pada luka.

4. Obat Luka borok
Tumbuk halus beberapa biji asam jawa (klungsu = jawa). Tempelkan pada luka, kemudian diperban.

5. Obat Morbili
Parut 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Selanjutnya campur dengan 1-2 potong buah asam jawa yang sudah masak hingga merata. Bisa digunakan sebagai bedak/obat gosok bagi penderita morbili.

6. Obat Batuk Kering
Rebus 3 polong buah asam jawa, dan 1/2 genggam daun saga dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore

7. Obat Demam
Rebus 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya dengan 1/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

8. Obat Reumatik
Tumbuk hingga halus 1 genggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawa (klungsu = jawa). Gunakan untuk mengompres bagian yang sakit.

9. Obat Sakit Panas
Seduh 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Untuk menggunakannya bisa diminum biasa. Catatan: bagi ibu hamil tidak boleh minum resep ini.

10. Obat Sakit perut
a. Campur rata 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Gunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut.

b. Seduh 3 polong buah asam jawa dan 1 potong gula aren dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Bisa diminum biasa.

c. Parut 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kemudian campur dengan 2 polong buah asam jawa dan 1 potong gula kelapa. Seduh dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Bisa diminum biasa.

loading...
Loading...
khasiat asam jawa dan gula merah, khasiat asam jawa dicampur gula merah, manfaat asem jawa dan gula merah, khasiat gula merah dan asam jawa, manfaat asam jawa, manfaat asam jawa dicampur gula merah, manfaat air asam jawa dan gula merah, manfaat air asem jawa dan gula merah, khasiat asam jawa, manfaat gula asem, manfaat asam jawa dan gula merah, Khasiat air asam jawa, Manfaat air asam jawa, manfaat air asam dan gula merah, manfaat asam merah, Manfaat asem jawa, Manfaat gula merah dan asam jawa, khasiat asem jawa dan gula merah, khasiat asem dan gula merah, air asam jawa, khasiat ciplukan untuk asam urat, manfaat asem dan gula merah

Khasiat Asam Jawa untuk Pengobatan Tradisional | chsa | 4.5