Ketahui Penyebab Gangguan Pada Saluran Bahan Bakar Mobil

Saat mobil anda tiba-tiba mogok di jalan, maka bisa jadi itu adalah karena adanya sistem bahan bakar yang tidak normal. Untuk itu perlu bagi anda, terlebih anda sebagai pemilik mobil untuk mengetahui apa saja penyebab gangguan pada saluran bahan bakar mobil yang sering terjadi.

Cukup sering dalam kasus mobil yang mogok disebabkan karena gangguan distribusi bahan bakar dari tangki ke karburator. Kadang karena bahan bakar tersendat, kadang juga karena aliran bahan bakar sangat terlalu berlebihan.

Masalah-masalah seperti ini terkadang disebabkan karena hal-hal berikut ini

1. Tangki BBM yang sudah berkarat

Biasanya terjadi karena mobil sudah tua. Karat dalam tangki bisa menyebabkan filter tersumbat.

2. Filter tersumbat kotoran

Gejalanya : mobil agak tersendat-sendat saat kecepatan tinggi, gejala lain adalah mobil mati ketika digas. Hal seperti ini bisa diatasi dengan rutin mengganti filter bahan bakar saat tune-up mobil.

3. Pompa bahan bakar sudah tidak bisa bekerja secara maksimal

Hal ini disebabkan karena membran dalam pompa bahan bakar ada yang sobek sehingga terjadi ketidakseimbangan dengan jumlah bahan bakar yang mengalir ke pompa. Biasanya masalah seperti ini ditandai dengan rembesan bahan bakar di sekitar pompa yang kemudian bisa menimbulkan bau sampai ke dalam kabin penumpang. Gejala lain juga berupa mesin mobil yang tersendat-sendat.

4. Katup needle Valve tersumbat oleh kotoran

Katup eedle valve terletak pada baut penutup karburator. Fungsinya untuk mengatur aliran bahan bakar sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Jika terdapat kotoran pada di sekitar baut penutup karburator maka Katup Needle Valve tidak akan bisa bekerja.

Apapun masalahnya segera bawa mobil anda ke bengkel untuk ditangani, permasalahan yang berhubungan dengan bahan bakar memiliki resiko tinggi pada keselamatan nyawa pengemudi dan penumpang mobil.

loading...
Loading...
gangguan pada sistem bhan bakar

Ketahui Penyebab Gangguan Pada Saluran Bahan Bakar Mobil | akbar | 4.5