Ketahui Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Pneumonia

Halaman: 1 2 3 4

Pneumonia adalah semacam infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang bisa mempengaruhi alveoli di paru-paru. Seperti kantung kecil yang dapat mengisi udara ketika orang tidak memiliki permasalahan dalam pernapasan. Pneumonia adalah penyakit serius yang bisa mengancam pada anak.

Saat terjadi infeksi di paru-paru, alveoli ini terisi dengan nanah dan cairan yang merupakan respon alami dalam tubuh untuk melawan infeksi ini. Infeksi di paru-paru membuat oksigen dan pernapasan menjadi sulit.

Ada dua jenis bakteri yang dapat bertanggung jawab dalam penyakit pneunomia, yaitu ‘Haemophilus Influenzae tipe b’ dan ‘Streptococcus pneumonia’ (Spn).

‘Bakteri Hib’ dan ‘Spn’ juga bisa menyebabkan ‘meninghitis’ akut (infeksi pada selaput yang menutupi otak) pada anak yang menyebabkan kecacatan seumur hidup.

Sayangnya, masih sangat sedikit orang tua yang menyadari bahwa pneumonia adalah penyebab terbesar kematian pada anak di seluruh dunia. Setiap tahun penyakit pneumonia telah membunuh sekitar 1,2 juta anak dibawah usia lima tahun di seluruh dunia.

Berikut adalah penjelasan mengenai gejala, tips pencegahan, serta tips pengobatannya bagi para orangtua, seperti dilansir dari situs Times of India yang meringkasnya dari data yang diterangkan oleh Prof. Dr. P. Sudershan Reddy, M.D., D.C.H., Consultant Chief Pediatrician, Krishna Childrens Hospital, Lakdi-ka-pool, Hyderabad.

loading...
Loading...
Ketahui Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Pneumonia | akbar | 4.5