Kesalahan-kesalahan Saat Memasak yang Bisa Menyebabkan Naiknya Berat Badan

Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi makanan sehat adalah dengan memasak sendiri. Namun demikian, memasak pun tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat memasak. Jangan sampai karena kesalahan dalam memasang akan membuat berat badan anda menjadi bertambah pesat. Ya, cara memasang yang salah ternyata ikut berpengaruh terhadap naiknya berat badan seseorang.

Berikut ini adalah daftar kesalahan yang tidak boleh anda lakukan saat memasak:

1. Melewatkan rempah-rempah
Ketika memasak, seseorang biasanya bergantung pada gula, garam, dan lemak untuk penyedap rasa hingga terkadang tida terhitung jumlah kalori yang dihidangkan. Padahal, menggunakan rempah-rempah sebagai penggantinya memungkinkan anda mengurangi gula atau garam. Selain itu, hal tersebut juga membantu untuk membiasakan anda tanpa adanya rasanya manis atau asin dalam masakan.

2. Menggunakan minyak yang salah
Menuangkan minyak yang salah ke dalam panci bisa berdampak buruk. Misalnya, pada saat minyak memanas melewati titik asapnya, kandungan asam lemak telah menurun, memproduksi racun, radikal bebas, bahkan lemak jenuh.

Maka dari itu, direkomendasikan menggunakan minyak zaitun untuk membuat saus salad karena bisa membakar pada suhu yang tinggi. Minyak kelapa, biji anggur, dan bunga matahari juga direkomendasikan karena memiliki titik asap yang tinggi, sehingga membuatnya cocok untuk menumis dan memanggang.

3. Menggunakan terlalu banyak minyak
Lemak sehat bisa membantu menurunkan berat badan. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku jika total kalorinya 120 per sendok makan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan minyak sampai sebatas tidak lengket di wajan atau panci. Memang sulit mengira-ngiranya, tetapi cobalah untuk menggunakan botol minyak yang disemprot agar tidak terlalu banyak menggunakannya.

4. Memanggang tanpa oven
Memanggang adalah cara yang baik untuk menjaga masakan agar tetap rendah kalori, kecuali jika ada daging di menu. Hal tersebut juga hanya akan menggagalkan upaya penurunan berat badan. Namun, jika anda ingin mengonsumi daging, cobalah untuk tidak membakar atau memanggangnya dengan penyapit kawat, melainkan memasukkannya ke dalam oven agar lebih baik kesehatannya.

loading...
Loading...
Kesalahan-kesalahan Saat Memasak yang Bisa Menyebabkan Naiknya Berat Badan | lawas | 4.5