Kenapa Harddisk Selalu Identik dengan Huruf C ?

Para pemakai PC desktop tentu sudah menyadari sistem operasi Windows untuk hard disk memang selalu identik dengan huruf “C”. Namun tahukah mengapa ini terjadi ?

Ide penggunaan dan memberikan huruf ini memang disebabkan IBM yang terjadi pada tahun 1960 an. IBM awalnya memang ingin menggunakan abjad guna memberikan perbedaan kepada logical drive yang ada di sistem mereka. Dan huruf abjad ini akhirnya dipakai guna membedakan peranti physical storage.

IBM sendiri melakukan kesepakatan dengan Microsoft di tahun 1980 an yang membeli kloningan sistem dari CP/M IBM dan mengubahnya menjadi 86-DOS. Microsoft sendiri kemudian harus mengadopsi 86-DOS untuk PC anyar dari IBM dengan beberapa perubahan yang signifikan.

Hard disk sendiri sudah ada semenjak tahun 1950-an. Namun ketika PC masih memakai disket floppy yang diberikan kode drive “A” di dalam MS DOS. Beberapa sistem bahkan mempunyai 2 drive disket floppy yang diberi kode “A” dan “B”.

Ketika floppy disk 3,5 inci diperkenalkan, nama drive A dan B sendiri memang sudah tidak bisa diubah kembali. Dan sudah diresmikan. Sehingga di tahun 1980-an, hard disk yang menjadi standar penyimpanan diberi label “C”. Drive C sendiri memang digunakan untuk media penyimpanan utama di dalam komputer. Di sistem operasi modern, pengguna bisa mengubah nama tersebut. Namun huruf kode C masih terlihat.

loading...
Loading...
Kenapa Harddisk Selalu Identik dengan Huruf C ? | akbar | 4.5