Kenali Penyebab dan Cara Cepat Menghentikan Cegukan

Cegukan adalah sebuah kondisi dimana terjadi kontraksi tiba-tiba pada diafragma. Diafragma sendiri merupakan sebuah otot yang penting dalam pernapasan kita dimana ia juga memisahkan rongga dada dengan rongga perut, sederhananya adalah memisahkan bagian dada dengan bagian perut dan berkontraksi saat kita bernapas.

Begitu terjadi, maka kontraksi yang terjadi ke diafragma ini akan diikuti dengan penutupan pita suara yang menyebabkan terjadinya suara hic sekitar 0.25 detik kemudian. Inilah yang kita kenal secara umum sebagai penanda suara cegukan. Uniknya, ritme dari terjadinya cegukan ini sering secara relatif bersifat konstan.

Penyebab Cegukan

Cegukan dapat terjadi karena banyak hal dan berbeda antara satu orang dengan orang yang lain dimana salah satu yang paling umum adalah karena kita makan atau minum terlalu banyak atau cepat. Selain hal ini, cegukan juga dapat terjadi karena perubahan temperatur, situasi emosional, rendahnya karbondioksida dalam darah atau juga karena gas beracun.

Cara Mengobati dan Menghentikan Cegukan

Saat cegukan muncul, ini sangatlah mengganggu dan menjengkelkan. Tak jarang berbagai cara sudah dilakukan namun cegukan tidak juga kunjung berhenti.

Sebenarnya, cara mengobati atau menghentikan cegukan sangatlah mudah dan sederhana. Yang harus kita lakukan adalah dengan cara meningkatkan tingkat CO2 dalam aliran darah anda.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar CO2 dalam darah. Beberapa diantaranya adalah dengan menahan napas selama 10 sampai 20 detik atau bisa juga dengan cara minum segelas air tanpa mengambil napas. Namun dari pengalaman kami, cara yang paling ampuh untuk mengatasi cegukan adalah dengan cara bernapas dalam kantong kertas atau plastik selama beberapa saat hingga nafas jadi terasa sesak. Ulangi selama beberapa kali hingga cegukan berhenti.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya kita tahu bahwa cegukan terjadi akibat dari diafragma kita sedang mengalami kontraksi atau kejang. Karena itu, cara yang terpenting untuk mencegah cegukan adalah dengan membuatnya lebih relaks atau santai.

Meskipun biasanya cegukan hanya terjadi dalam rentang waktu yang relatif singkat, namun tidak menutup kemungkinan cegukan juga bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini terkait dengan kondisi medis seperti insomnia, depresi, kelainan diafragma atau juga saraf tulang belakang penderita.

loading...
Loading...
kejang diafragma

Kenali Penyebab dan Cara Cepat Menghentikan Cegukan | akbar | 4.5