Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma

Kualitas sperma yang baik bisa membantu pasangan lebih mudah dalam mendapatkan keturunan. Berikut adalah penyebab rusaknya kualitas seperma dan bagaimana cara menjaga kualitas sperma yang bisa dilakukan oleh kaum pria:

1. Suhu yang terlalu tinggi

Kantung testis pria diciptakan secara terpisah dengan tujuan untuk menjaga agar suhunya lebih rendah dari suhu tubuh. Karena pada dasarnya sperma akan mati dalam suhu yang terlalu panas. Kesuburan pun terganggu. Karena itu hindarilah mandi dengan air yang terlalu panas, berendam di air panas, sauna terlalu lama.

2. Radiasi

Kebiasaan menaruh telefon seluler (ponsel) di kantung celana tidak baik pada pria. Panas yang terpancar dari ponsel akan merusak kualitas sperma, karena itu bawalah tas kecil untuk menaruh ponsel anda.

3. Efek samping obat

Beberapa jenis obat-obatan bersifat mengurangi jumlah sperma, sehingga jumlah normal sperma yang berkisar di dua juta sel akan menurun secara drastis dan menurunkan keberhasilan pembuahan sel telur.

Karena itu, sebelum mengonsumsi obat sebaiknya anda tanyakan dulu kepada dokter anda akan efek samping dari obat yang anda minum dan beritahukan dokter anda jika anda berencana memiliki anak agar obat dapat diganti dengan jenis lain. Contoh obat yang dapat menyebabkan jumlah sperma berkurang antara lain obat-obatan golongan Sulfa.

Menjaga kesehatan tubuh Anda dan berolahraga secara teratur juga memiliki andil besar dalam pemeliharaan sperma sehat. Selain itu, berikan tubuh anda asupan yang bergizi dan hindari zat-zat yang merusak tubuh anda seperti rokok.

loading...
Loading...
Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma | lawas | 4.5