Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak orang menganjurkan untuk berolahraga agar tubuh selalu bergerak. Namun tahukah anda, kapan waktu terbaik untuk olahraga?

Banyak orang yang masih bingung mengenai kapan sebenarnya waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga, apakah pagi atau sore.

Menurut dr. Andi Kurniawan SpKO, CEO Indonesia Sport Medicine Center, daripada tidak melakukan sama sekali, maka melakukan olahraga kapan saja jauh lebih baik. Entah olahraga tersebut dilakukan di dalam atau luar ruangan sama saja.

Namun untuk persoalan waktu pagi atau sore waktu yang tepat untuk olahraga, masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan.

Untuk anda yang memilih olahraga di pagi hari, maka keuntungan yang akan didapatkan adalah udara yang masih sangat bagus karena bersih.

Sementara sisi negatifnya, anda akan membutuh pemanasan yang baik dan peregengan cukup.

Alasannya karena saat pagi hari maka otot tubuh masih dingin atau tegang lantaran tidak bergerak akibat tidur. Bila anda coba-coba melakukan olahraga di pagi hari tanpa melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu, maka yang terjadi bisa menimbulkan pegal-pegal hingga lebih parahnya adalah anda akan mengalami cedera.

Sementara untuk olahraga yang dilakukan di malam hari, maka akan ada kebaikannya dimana tubuh tidak memerlukan pemanasan yang lebih sebagaimana olahraga di pagi hari. Ini dikarenakan aktivitas sehari membuat otot-otot bergerak. Namun kekurangannya adalah udara di sore hari tidak sebersih udara di pagi hari.

Jadi, mau kapan saja anda akan melakukan olahraga, selama anda melakukan persiapan atau latihan khusus sebelum menekuni olahraga tertentu tidak ada masalah.

loading...
Loading...
Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga? | akbar | 4.5