Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga

Buah mangga pada umumnya memiliki daging buah yang cukup tebal, berwarna kekuningan dengan citarasa asam hingga manis. Kulit buahnya juga cukup tebal, berwarna hijau atau kekuningan. Kebanyakan bentuk buahnya bulat dan ‘berparuh’ di bagian ujung dengan ukuran berbeda, tergantung jenisnya.

Meskipun ada banyak jenis buah mangga, namun buah mangga memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Dalam setiap 100 gram buah mangga muda terkandung sebanyak 7–12 persen gula sedangkan pada buah mangga matang yang manis mengandung gula sebanyak 16–18 persen. Buah mangga juga memiliki kandungan 46-65 miligram vitamin C dalam 100 gram yang merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jaringan gusi.

Daging buah mangga yang berwarna kuning menandakan kandungan betakaroten yang tinggi, dan akan diproses menjadi vitamin A di dalam tubuh. Dalam setiap 100 gram buah mangga terkandung sebanyak 389 IU betakaroten yang juga temasuk salah satu antioksidan dan berguna untuk meningkatkan fungsi retina mata. Selain itu buah mangga juga kaya akan kandungan kalium, yaitu sebanyak 156 mg per 100 gram, yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otot jantung, kontraksi otot, dan tekanan darah. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke.

Jadi tunggu apa lagi, mulai sekarang rajin-rajinlah menyantap buah mangga yang lezat dan kaya akan kandungan gizi ini. makan buah mangga tidak hanya memberikan kesegaran, namun juga memberikan manfaat untuk menyehatkan tubuh kita.

loading...
Loading...
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga | akbar | 4.5