Kandungan Gizi dan Manfaat Terong untuk Kesehatan

Solanum Melongena atau yang lebih dikenal sebagai Terong ini merupakan sejenis sayuran yang dapat tumbuh subur di Indonesia, masyarakat biasanya mengolah terong ini menjadi sayur lodeh atau sebagai pelengkap lalapan di cocol dengan sambal terasi dan masih banyak lagi. Hampir semua lapisan mulai dari yang muda hingga usia tua pasti menyukai sayuran ini. Selain nikmat saat menyantapnya, juga memberikan khasiat besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang lengkap pada Terong.

Kandungan Gizi Terong

Kandungan gizi atau nutrisi dalam Terong mentah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, pada satu buah terong mengandung 20 kalori, 0,8 gram protein, karbohidrat 4,82 gram, lemak hanya 0,15 gram, dan mengandung 5 gram serat. Terong juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, Kalium, Zatbesidan magnesium, serta terkandung anthocyanin yaitu senyawa alami phytochemical atau yang lebih dikenal sebagai flavonoid. Lantas, apa saja khasiat Terong untuk kesehatan tubuh?

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi Terong untuk kesehatan tubuh.

1. Kesehatan Jantung

Pada Terong terdapat kandungan flavonoid sebagai peran utama untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Dari penelitian, konsumsi lebih dari tiga porsi buah dan sayuran seperti terong per minggu yang mengandung flavonoid, 34 persendapat mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Anti Kanker

Kandungan polifenol dalam terong memiliki efek untuk anti kanker, sementara anthocyanin dan klorogonat berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan akan mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Menjaga berat Badan

Serat makanan biasanya menjadi faktor penting dalam menjaga berat badan dan berfungsi sebagai “bulking agents” dalam system pencernaan. Senyawa ini membantu mengurangi nafsu makan dan menunda rasa lapar, sehingga Terong ini sangat sehat dan baik dikonsumsi untuk Anda yang seang diet.

Manfaat lain dari terong adalah mampu menurunkan kolestrol tinggi, berkat kandungan asam klorogenat yang membantu untuk menurunkan kadar LDL. Selain itu, Terong juga dapat membantu meningkatkan memori karena kandungan anthocyanin yang dapat memperlancar aliran darah ke otak. Tetapi perlu diperhatikan, sebelum mengkonsumsi terong pastikan sudah bebas dari pestisida.

loading...
Loading...
kandungan terong, kandungan gizi terong, kandungan gizi pada terong, kandungan terong ungu, kandungan dalam terong, gizi terong, kandungan gizi terong ungu, kandungan dan manfaat terong, vitamin terong, khasiat terong ungu, khasiat terunh asam, terong ungu mengandung vitamin apa, Manfaat terung asam, manfaat terong bagi kesehatan, manfaat lodeh, manfaat dan kadungan dalam tanaman terong, kandungan pada terong ungu, kandungan buah terong, Kandungan dan Kasiat terong

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong untuk Kesehatan | akbar | 4.5