Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Labu

Sayur Buah Labu KuningLabu termasuk salah satu kategori sayuran populer yang cukup banyak dibudidayakan dan mempunyai kandungan antioksidan tinggi, selain itu sayur ini juga mempunyai kandungan vitamin tinggi, sehingga benar-benar memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan seseorang.

Labu mempunyai kandungan yang rendah kalori dan kolesterol jahat, namun diperkaya oleh vitamin A, juga flavonoid poli fenolik antioksidan, sebagai contohnya xanthin, leutin, serta beta karoten juga. Sayur labu ini tergolong tumbuhan yang bisa tumbuh dengan cepat dan tidak sulit, serta dikategorikan famili Cucurbitaceae. Di negara Indonesia sendiri, buah labu merupakan jenis tanaman yang cukup populer dibudidayakan, bahkan tak hanya di negara Indonesia saja, melainkan sudah ke seluruh dunia. Sayur ini mempunyai berat rata-rata 4 hingga 6 kilogram, sementara itu dari sejarah, labu yang paling besar itu memiliki berat hingga 25 kilogram.

Labu biasanya memiliki warna kuning atau orange, bergantung varietasnya, contoh lain dari beberapa varietas labu berbeda memiliki warna coklat, hijau gelap, serta abu-abu. Warna labu juga dipengaruhi pigmen orange kuning di kulit labu tersebut. Mari baca selengkapnya.

Labu kuning dan kandungan gizinya

Salah satu jenis varietas labu yakni dikenal dengan labu kuning, berikut informasi terkait kandungan gizi dari labu kuning tersebut. Labu kuning memiliki kandungan karbohidrat, kalori, lemak, protein, serta beragam mineral (fosfor, kalsium, natrium, besi, tembaga, seng, dan kalium), tiamin, beta karoten, vitamin C, serat, dan niasin. Kandungan nutrisi paling tinggi dari labu waluh yakni beta karoten, di mana itu merupakan zat yang pro vitamin A, di mana akan diubah jadi vitamin A. Untuk Anda ketahui jika sayur labu kuning ini adalah makanan sehat yang cocok digunakan untuk makanan pendamping ASI bagi balita dengan usia enam bulan ke atas.

Sayur labu juga rendah kalori, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk 100 gram buah labu itu menyediakan sekitar 26 kalori, serta tak memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh, tetapi sayur labu ini kaya anti oksidan, serat makanan, vitamin, dan mineral. Sayur labu termasuk jenis sayuran yang memang direkomendasikan para ahli medis dalam mengurangi kolesterol jahat ketika ingin menurunkan berat badan.

Manfaat buah atau sayur labu

Sekarang untuk manfaatnya, sayur labu itu bermanfaat dalam menstabilkan gula darah, yaitu melalui penjagaan pola makan, sebab kandungan labu termasuk makanan yang memiliki kalori rendah, gula rendah, dan tetap dapat memberikan sumber energi untuk tubuh dengan lumayan, sehingga Anda dengan mengkonsumsi labu juga bisa melakukan aktivitas keseharian tanpa kesusahan. Memang labu cocok dimakan oleh orang yang sedang dalam proses diet.

Ada berbagai metode untuk pengolahan labu menjadi makanan, bahkan ada juga resep yang mengajarkan Anda bagaimana mengolah labu menjadi sebuah minuman sehat yang berkhasiat. Kandungan magnesium dari buah labu juga dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang sebab bisa membuat rileks saraf Anda. Juga, biji labu pun memiliki kandungan zat besi, di mana zat besi ini benar-benar dibutuhkan dalam menjaga kesehatan, khususnya anemia pada wanita.

Khusus Anda yang mau melancarkan pencernaan, maka memakan labu pun juga direkomendasikan, karena labu baik dalam menjaga organ pencernaan usus manusia. Jangan lupa untuk menjadikan buah labu ini sebagai material hidangan Anda untuk keluarga setiap hari.

Sekian informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat buah labu. Semoga dapat memberikan manfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Labu | chsa | 4.5
buah labu gambar, manfaat kate mas, Nutrisi katemas, tanaman kate Mas