Jeruk nipis ternyata dapat mengatasi 6 gangguan kesehatan ini

Jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, kuliner, dan beberapa hal lain. Buah bercitarasa asam ini sangat mudah dijumpai dan dijual dengan harga yang murah ketimbang buah citrus lainnya seperti jeruk atau lemon. Jeruk nipis kaya akan nutrisi dan mengandung antioksidan flavonoid, vitamin A, B1, C, asam sitrat, kalsium, fosfor dan zat besi.

Untuk kesehatan, jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pengobatan mulai dari buah, kulit, daun, hingga akarnya. Berikut adalah enam gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan jeruk nipis.

1. Batuk
Jika mengalami batuk, atasi dengan minum perasan air jeruk nipis dan madu. Peras jeruk dalam 1 sendok makan, tambahkan madu, dan minum. Bila suka, madu bisa diganti dengan kecap. Lakukan 3 kali sehari hingga batuk Anda sembuh.

2. Amandel
Rebus 3 butir kulit jeruk nipis dengan 2 gelas air. Biarkan hingga air tersisa ¾. Setelah dingin, berkumurlah dengan air rebusan itu hingga terkena bagian amandel. Ulangi 3 kali sehari hingga rasa sakit berkurang.

3. Difteri
Peras 2 buah jeruk nipis lalu tampung dalam 1 buah gelas. Beri air hangat, tambahkan madu 1 sendok, lalu berkumur dengan sedikit air tersebut, kemudian minum sisa air hangatnya Ulangi 3 kali sehari sampai difteri sembuh.

4. Bau badan
Haluskan 10 daun jeruk nipis dan buat seperti obat bulat-bulat, lalu keringkan. Minum secara teratur pil daun jeruk itu 3 kali. Niscaya bau badan akan berkurang.

5. Wasir
Ambil akar jeruk nipis sebanyak 10 gram. Cuci bersih lalu rebus dengan 1 liter air. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari sampai rasa sakit mereda.

6. Sulit kencing
Anyang-anyangan atau sulit kecing bisa datasi dengan perasan jeruk nipis yang diseduh bersama 1 gelas air panas. Minum dengan tambahan sepotong gula batu.

loading...
Loading...
Jeruk nipis ternyata dapat mengatasi 6 gangguan kesehatan ini | akbar | 4.5