Jenis Penyakit Yang Sering menyerang Saat Musim Hujan

Musim hujan membuat udara sekitar menjadi lebih dingin yang pada akhirnya membuat sistem imun harus bekerja dua kali lipat. Karena selama musim hujan sistem imun tubuh harus bekerja untuk melawan dingin dan juga melawan bakteri yang akan menyerang tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terkena serangan penyakit, salah satunya adalah flu atau pilek.

Namun tidak hanya flu atau pilek saja yang mudah menyerang seseorang saat musim hujan, beberapa jenis penyakit lainnya juga mungkin akan lebih mudah menyerang tubuh kita. Berikut adalah contoh penyakit yang sering datang menyerang saat musim hujan:

Diare

Parasit sering menyerang usus kita di musim hujan. Jika terjadi, hal tersebut berpotensi besar mengakibatkan diare.

Tifus

Saat musim hujan air tanah lebih rentan terpapar bakteri. Menurut periset, mengonsumsi air yang terpapar bakteri juga bisa memicu timbulnya penyakit tifus. Karenanya, pastikan air yang anda minum sudah dimasak matang.

Malaria

Saat musim hujan akan ada banyak genangan air. Akibatnya, nyamuk menjadi lebih cepat berkembang biak. Gigitian nyamuk bisa menyebabkan malaria, di mana tubuh kita akan mengalami demam tinggi sekaligus nyeri.

Chikungunya

Selain malaria, penyakit chikungunya juga perlu diwaspadai saat musim hujan. Panyakit ini juga disebabkan oleh nyamuk dengan gejala yang hampir persis, yakni demam tinggi, nyeri sendi dan sakit kepala parah.

Itulah beberapa jenis penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan tiba. Jaga kebersihan dan jalankan pola hidup yang sehat bisa membantu meningkatkan sistem imuntas tubuh sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap serangan berbagai penyakit saat musim hujan.

loading...
About these ads

Loading...
Jenis Penyakit Yang Sering menyerang Saat Musim Hujan | akbar | 4.5