Jenis-jenis Kualitas Film, Harus Pilih yang Mana?

Masih minimnya bioskop di Indonesia membuat banyak orang menjadikan situs download film sebagai pilihan favorit untuk mendapatkan film-film terbaru yang baru dirilis untuk kemudian bisa ditonton menggunakan komputer atau bahkan melalui perangkat tablet atau HP. Seiring banyaknya penikmat film yang lebih memilih untuk mendownload film membuat situs download film kini banyak bertebaran di dunia maya.

Penyedia layanan situs download film pun memberikan banyak pilihan kualitas film yang bisa didownload dengan ukuran yang berbeda pula. Semakin bagus kualitas film maka biasanya ukuran filenya juga jauh lebih besar. Namun, apakah kita harus download film dengan kualitas terbaik hanya untuk diputar di HP atau tablet?

Jenis-jenis Kualitas Film atau Video

Nah, untuk lebih mengenal tentang jenis-jenis kualitas gambar dari film yang akan anda tonton, berikut penjelasan singkatnya yang bisa dijadikan referensi:

1. CAM

Film dengan kualitas CAM adalah kualitas film terburuk. Biasanya film yang didapat langsung dari bioskop dengan merekam film yang sedang diputar menggunakan handycam atau sejenisnya. Tidak hanya kualitas gambar, suara yang dihasilkan juga buruk karena banyaknya noise yang ikut terekam, semisal suara penonton.

Jadi jangan heran bila anda mendapati gambarnya sedikit goyang atua bahkan tiba-tiba ada bayangan hitam orang berjalan.

2. Telesync [TS]

Film dengan kualitas Telesync atau TS umumnya memiliki kualitas gambar yang sama dengan CAM. Yang berbeda hanya pada suara, suara yang dihasilkan sudah lumayan karena direkam lewat line khusus. Karena biasanya di bioskop terdapat line khusus yang biasanya digunakan untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan pendengaran.

3. DVDScr

Film dengan kualitas DVDScr bisa dibilang masih memiliki kualitas yang kurang, karena biasanya gambar dan suaranya masih kurang baik. Film dengan kualitas DVDscr biasanya didistribusikan dalam bentuk SVCD (untuk dijual oleh pembajak film) atau DivX/XviD.

4. R5

Pada dasarnya kualitas film R5 ini masih sama dengan DVDScr. Kualitas film jenis ini adalah hasil rekaman dari perilisan DVD, namun kualitas suaranya masih kurang baik.

5. WEBRip

Film yang berkualitas WEBRip itu kualitasnya sudah setara dengan DVDRip, namun masih bisa dibilang di bawah kualitas DVDRip. Untuk film dengan kualitas jenis ini biasanya diambil langsung dari sebuah situs yang menyediakan video streaming.

6. PPVRip (Pay Per View)

Arti PPVRIP sebenarnya merujuk pada sebuah video hasil dari rekaman dari layar televisi yang dihubungkan dengan video recorder seperti DVD recorder misalnya. Kualitas PPVRIP cukup bagus, kalau kita melihat film dengan format PPVRIP hampir sama dengan kualitas video DVDRIP. Format perekaman PPVRIP sangat bagus untuk di jadikan alternatif lain selain DVDRIP yang belum tentu dapat kita jumpai.

7. DVDRip

Kualitas jenis ini diambil langsung dari kaset DVD, jadi jika menonton film dengan kualitas DVDRip itu sudah seperti menonton dari kaset DVD. Kualitas gambar dan suara sudah cukup bagus.

8. HDRip dan HDTV

Kedua kualitas ini sudah sangat layak untuk ditonton, namun masih dibawah WEB-DL. Kualitas gambar dan suaranya pun cukup bagus dan ukurannya tidak terlalu besar. HDTV adalah hasil rip dari TV dengan kualitas HD jadi gambar dan audio sangat bagus. Untuk film dengan kualitas HDTV diambil dari situs yang menyediakan layanan televisi dalam internet. HDTV biasanya untuk serial TV yang tayang seminggu sekali.

9. WEB-DL

Film yang mempunyai kualitas WEB-DL hampir sama dengan film kualitas BRRip. Film dengan kualitas WEB-DL biasanya diambil dari iTunes Store atau situs lainnya yang menyediakan siaran TV melalui jaringan internet.

10. BRRip/BDRip

Kualitas film BRRip/BDRip bisa dibilang kualitas film terbaik, karena di rip langsung dari kaset Bluray Disk. Jadi untuk kualitas gambar dan suara tidak diragukan lagi.

O ya, adajuga kualitas film Unrated / Extended Version

Unrated version = the version you couldn’t see at theatre. Maksudnya adalah bahwa adegan atau scene yang biasanya tidak boleh ditayangkan di bioskop bisa anda liat di sini.

loading...
About these ads

Loading...
Jenis-jenis Kualitas Film, Harus Pilih yang Mana? | akbar | 4.5