Jenis-jenis Kanker Hati Paling Mematikan yang Harus Diwaspadai

Kanker hati adalah salah satu dari jenis kanker yang paling umum di dunia. Pada umumnya penderita kanker hati adalah kaum lansia. Gejala kanker hati stadium awal biasanya tanpa disertai gejala yang sulit dikenali. Karena biasanya pasien hanya menderita nyeri di perut kanan atas yang dapat menyebar ke punggung dan bahu, pembengkakan perut, rasa kembung setelah makan, sering demam tinggi, hingga ditandai tinja berwarna pucat.

Jenis-jenis Kanker Hati Paling Mematikan yang Harus Diwaspadai

Jenis-jenis kanker hati ada beberapa macam. Namun, jenis kanker hati yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler yang mana itu merupakan salah satu dari dua penyebab utama kematian kanker di Asia.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Cancercenter, terdapat beberapa jenis kanker hati yang harus anda waspadai. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Karsinoma hepatoseluler

Karsinoma hepatoseluler (HCC) atau disebut hepatoma adalah jenis kanker yang paling umum dialami seseorang. Ada sekitar 75 persen penduduk di dunia yang menderita penyakit kanker hati jenis karsinoma hepatoseluler. HCC dimulai pada tipe utama sel hati yang disebut sel hepatocellular. Sebagian besar kasus ini adalah hasil dari infeksi hepatitis B atau C, atau sirosis hati yang disebabkan oleh minuman beralkohol yang berlebihan.

Fibrolamellar HCC

Penyakit kanker hati Fibrolamellar HCC adalah jenis kanker hati yang langka. Saat dilakukan CT Scan di area organ hari muncul tumor besar yang menyerupai bekas luka. Penyebab fibrolamellar HCC sama dengan jenis lainnya, yaitu karena pasien sudah mengalami penyakit hepatitis A, B dan C lebih dulu.

Kanker saluran empedu

Cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu sangat sulit untuk dideteksi. Namun biasanya ada batu berwarna kuning di saluran empedu yang begitu menyiksa. Si pasien akan mengalami gejala perut bengkak, nyeri perut, mual, hingga pembesaran kantung empedu.

Angiosarcoma

Angiosarcoma atau juga disebut hemangiocarcinoma menyumbang sekitar satu persen dari semua kanker hati. Angiosarcomas dimulai pada pembuluh darah hati dan tumbuh dengan cepat. Pasien biasanya dapat didiagnosis pada stadium lanjut.

Kanker hati sekunder

Metastasis hati atau kanker hati sekunder terjadi ketika kanker primer dari bagian lain dari tubuh menyebar ke hati. Kebanyakan metastasis hati berasal dari usus besar atau kanker kolorektal. Lebih dari separuh orang yang didiagnosis dengan kanker kolorektal yang mengembangkan kanker hati sekunder.

Itulah beberapa jenis kanker hati yang cukup mematikan yang perlu untuk anda ketahui. Konsumsi makan sehat dan berserat, serta menjaga pola hidup yang sehat dapat membantu dalam hal pencegahan penyakit kanker hati.

loading...
Loading...
Jenis-jenis Kanker Hati Paling Mematikan yang Harus Diwaspadai | akbar | 4.5