Jenis-jenis Buah Pisang yang Ada di Indonesia

Buah pisang bisa tumbuh subur hampir di semua wilayah Indonesia. Karena itu tidak mengherankan bila buah pisang bisa dengan mudah ditemukan di setiap toko penjual buah.

Jenis-jenis buah pisang yang ada di Indonesia ada banyak. Mulai dari pisang kepok hingga pisang ambon.

Jenis-jenis Buah Pisang di Indonesia

Beberapa jenis buah pisang yang populer dan ada di Indonesia diantaranya:

Pisang Ambon

Pisang Ambon juga biasa dikenal dengan sebutan pisang hijau. Pisang Ambon memiliki kandungan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil, secara dramatis meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Pisang Tanduk

Keistimewaan dari pisang tanduk adalah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang tanduk tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.

Pisang Cavendish

Daging buah dari pisang cavendish putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning dengan permukaan halus.

Pisang Mas

Pisang mas memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, namun pisang mas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi.

Pisang Kepok

Pisang kepok bermanfaat untuk orang dengan masalah sembelit, sakit maag, ataupun diare. Pisang kepok biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng atau direbus terlebih dahulu. Harga pisang kepok juga relatif mahal.

Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu adalah salah satu jenis pisang raja yang ukurannya sedang dan gemuk. Bentuk buahnya melengkung dengan pangkal buah agak bulat.

Pisang Barangan

Sebagai varietas unggul dari Sumatera Utara, kandungan gizi pisang barangan mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh dalam 100 gram nya yaitu Energi 110 kal, Karbohidrat 25,8 gr, Protein 1,2 gr dan Vitamin C 3 gr.

Itulah beberapa diantara dari sekian banyak jenis pisang yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
deskripsi buah pisang dalam bahasa inggris, pisang jarum, ciri ciri buah pisang dalam bahasa inggris, tanduk rusa yang bercabang disebut, pisang sobo, manfaat pisang pipit, pisang mahal

Jenis-jenis Buah Pisang yang Ada di Indonesia | akbar | 4.5