Jenis-jenis Buah Mangga yang Ada di Indonesia

Rasanya yang asam manis membuat buah mangga termasuk salah satu jenis buah yang cukup populer dan cukup digemari di Indonesia. Buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, diantaranya adalah antioksidan, vitamin C, vitamin A, juga betakaroten.

Buah mangga termasuk buah yang cukup mudah didapatkan di pasaran. Hal ini karena pohon mangga termasuk dalam jenis tanaman yang mudah dibudidayakan.

Ada banyak jenis dari buah mangga yang ada di Indonesia. Beberapa jenis diantaranya adalah:

Mangga Harummanis

Tampak luar : buahnya agak lonjong dan ujungnya membentuk ‘paruh’. Buah yang matang berwarna hijau kebiruan dan berbintik putih. Kulitnya seperti dilapisi lilin. Panjang buah +/- 15 cm.

Daging buah : isinya tebal, berwarna oranye kekuningan, lunak, tak berserat, dan banyak mengandung air. Rasanya manis segar, tetapi bagian ujungnya kadang berasa asam. Paling populer di Indonesia.

Mangga Indramayu

Tampak luar : bentuknya membulat dan kulitnya bewarna hijau muda. Ketika matang, warna hijau agak memudar dan mulai berubah kuning muda.

Daging buah : tidak terlalu banyak mengandung air. Daging buahnya berwarna kuning, agak padat dan berserat. Buah yang belum matang sempurna biasanya lebih diminati karena tidak terlalu manis dan sedikit kesat. Setelah matang, daging buahnya berasa asam.

Mangga Golek

Tampak luar : buahnya lonjong tanpa paruh di ujungnya. Kulitnya bewarna hijau muda dan setelah matang berubah kekuningan pada bagian pangkalnya. Kulitnya halus dan terdapat bintik putih kehijauan yang berubah menjadi cokelat setelah matang.

Daging buah : tebal dan berserat. Warnanya kuning tua, berair, dan rasanya manis. Aromanya harum dan tajam.

Mangga Gedong Gincu

Tampak luar : bentuknya cenderung bulat, dengan diameter 10–12 cm. Kulitnya tipis berwarna hijau tapi jika matang bergradasi kekuningan dan merah pada bagian pangkalnya, seperti wanita ‘bergincu’.

Daging buah : warna oranye menebarkan aroma harum. Buah yang matang berasa manis sedikit asam. Daging buahnya cukup tebal, banyak mengandung air dan berserat halus.

Mangga Manalagi

Tampak luar : ukurannya lebih kecil dari mangga jenis lain. Bagian pangkalnya rucing dan ujungnya membentuk ‘paruh’. Kulitnya tipis bewarna hijau tua dan berbintik putih.

Daging buah : tidak berserat, lembut ,dan warnanya kuning cerah. Sebelum matang benar, mangga ini sudah terasa manis. Pada bagian tengah buahnya terdapat bintik-bintik kuning kecokelatan.

Mangga Kweni

Tampak luar : ukuran hampir sebesar mangga manalagi dengan bagian pangkal dan ujung membulat. Kulitnya berwarna hijau terang.

Daging buah : meski harumnya menggoda, tapi rasanya agak asam. Karena itu lebih sering diolah menjadi sambal atau salad. Buahnya tidak berserat dan daging buahnya berwarna kuning terang.

Itulah beberapa jenis buah mangga yang ada di Indonesia sebagaimana yang dikutip dari laman Pesona. Sebenarnya tidak hanya itu saja jenis mangga yang ada di Indonesia.

loading...
Loading...
10 macam nama -nama buah mangga yg ada di indonesia, timun untuk kanker

Jenis-jenis Buah Mangga yang Ada di Indonesia | akbar | 4.5